Bogor (ANTARA News) - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan pihaknya akan menyediakan tempat berjualan khusus untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) sepatu Ciomas, Bogor, yang tergabung dalam Koperasi Sepatu Sandal Bogor (Kosebo) di Pasar Anyar.

"Kita siapin tempat untuk Kosebo. Tapi harus untung ya," kata Airlangga di depan para pelaku IKM sepatu di Ciomas, Bogor, yanh disambut tepuk tangan, Selasa.

Pasalnya, pelaku IKM sepatu mengeluhkan kurangnya akses pasar untuk menjajakan sandal dan sepatu yang mereka produksi kepada masyarakat.

Sehingga, mereka minta Kemenperin menyediakan tempat di Pasar Anyar, yang merupakan tempat penjualan terbesar sepatu di Bogor.

"Kami sediakan tempat dua lot. Kita lihat satu tahun, kita evaluasi bagaimana perkembangannya," ujar Airlangga.

Selain itu, Airlangga juga meminta para pelaku IKM memasarkan produk mereka melalui pasar online, mengingat tren pemasaran digital semakin maju.

Terkait hal tersebut, Kemenperin akan membantu melalui Program E-Smart IKM, di mana produk-produk IKM di Indonesia dapat dipasarkan secara online.

"Jadi, nanti produknya difoto yang bagus, kemudian kami akan bukakan akses pasar online seperti di Bukalapak atau Blibli.com," papar Airlangga.

Airlangga berharap, upaya tersebut dapat memperluas akses pasar IKM ke seluruh Indonesia, sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksi dan kesejahteraan para pelakunya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017