Jakarta (ANTARA News) - Kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) di berbagai wilayah Jakarta mulai sepi dari warga yang telah selesai mengurus penerbitan dan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Dalam tiga hari terakhir kantor Samsat di sejumlah daerah diserbu masyarakat yang bergegas mengurus surat-surat kendaraan karena adanya kenaikan biaya pengurusan.

Sebagian masyarakat panik karena mengira akan ada kenaikan pajak kendaraan hingga 3 kali lipat. Padahal, yang dinaikkan adalah tarif penerbitan dan pengesahan STNK dan BPKB sesuai Peraturan Pemerintah No.60/2016 tentang Jenis dan Tarif atau Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Akibat kepanikan itu, pada Kamis (5/1), Kantor Samsat Jakarta Timur dipadati warga yang mengurus surat kendaraan hingga pukul 22.00WIB.

"Kemarin sampai jam 22.00 WIB. Hari ini mendingan, paling-paling habis Maghrib sudah selesai," tutur Puji Siswanto salah satu petugas di Kantor Samsat Jakarta Timur.

Pantauan di lokasi, dari Jumat pagi hingga pukul 17.00 WIB konsentrasi warga yang mengular di loket-loket pembayaran berangsur berkurang. Jika pada pagi hari di Samsat Jakarta Timur dan Utara antrean begitu panjang hingga keluar gedung, pada sore ini hanya dua meter dari loket.

Petugas di loket pembayaran dan pengambilan berkas pun bekerja cukup cepat memanggil nomor urut sebanyak dua kali melalui pengeras suara kemudian jika pemilik nomor tidak memberi jawaban maka akan dilanjutkan ke nomor berikutnya.

Sejumlah warga pun tidak menyampaikan banyak keluhan selain proses administrasi yang memakan banyak waktu karena banyaknya antrean.

"Secara umum tak banyak keluhan, mereka sudah tahu biaya administrasi untuk penerbitan baru STNK dan BPKB sudah naik. Keluhan yang ada mereka lelah mengantre karena banyak juga yang mau bayar," kata seorang petugas wanita di Pos Pengaduan Samsat Jakarta Timur yang tak mau disebutkan namanya.

Untuk mengetahui bagaimana pelayanan dan jumlah kendaraan yang telah diproses surat-suratnya pada awal tahun ini, Antara News mencoba menghubungi Kepala Samsat Jakarta Timur AKP Beddy Suwendi dan AKBP Iwan Saktiadi, Kasubdit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya, namun keduanya tidak bisa dihubungi.

Bagi warga yang ingin mengurus surat-surat kendaraan, Kantor Samsat di Jakarta tetap buka pada hari Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Pewarta: Alviansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017