Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Sandiaga Uno menyempatkan diri meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar Kebayoran Baru, Jakarta, sebelum memberikan suaranya pada Pilkada 2017.

Pria yang kerap disapa Sandi itu turut mengajak para anggota Jakarta Berlari dalam kegiatan tersebut.

"Kita cek tiga TPS, lihat persiapannya. Kita lihat kondisi tenda dan bilik suara pada masing-masing TPS," ujar Sandiaga di Jakarta, Rabu pagi.

Pasangan Anies Baswedan, yang saat itu mengenakan kaus biru serta celana hitam tersebut, bersama belasan anggota Jakarta Berlari terlihat menyusuri TPS 01, di Jalan Daha, kemudian berlari menuju TPS 02 yang berada di Jalan Daksa I, dan terakhir melewati TPS 03 yang terletak di Jalan Sanjaya.

Sandi terlihat sesekali memperhatikan tenda dan bilik TPS sambil terus berlari bersama rombongan.

"Alhamdulillah, semua TPS sudah siap dan sudah dapat digunakan, mudahan-mudahan warga dapat menggunakan hak pilihnya masing-masing," ujarnya kemudian.

Ia sendiri dijadwalkan memilih di TPS 01, yang berada di Jalan Daha, Kebayoran Baru, Kelurahan Selong, Jakarta.

Selain lari pagi, Sandi juga sebelumnya menyempatkan diri menjalankan Shalat Subuh berjamaah bersama istrinya, Nur Asia, dan warga sekitar di Masjid At-Taqwa, yang berada di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta.

Menurut dia, kelancaran saat prosesi pemungutan suara menjadi salah satu doanya saat menjalankan Shalat Subuh.

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, akan bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN dengan nomor urut satu.

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar dan Partai Hanura dengan nomor urut dua.

Kemudian, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS, yang merupakan pasangan dengan nomor urut tiga.

Pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017, ketiga pasangan itu berkampanye dan mengikuti debat publik untuk menggalang dukungan dari warga ibu kota. Selanjutnya, pemungutan suara diselenggarakan pada 15 Februari 2017.

Pilkada 2017 diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, serta kota. Daerah yang bakal menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tersebut terdiri atas tujuh provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017