Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat memprediksi tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017 di wilayah kerjanya bisa mencapai 70 persen.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jakarta Pusat Arif Bawono di sela-sela meninjau rekapitulasi penerimaan perhitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu malam.

"Kalau prediksinya sih 70 persen partisipasi pemilih untuk di Jakarta Pusat," kata Arif.

Meski demikian angka tersebut sebetulnya masih tidak mencapai target partisipasi 77 persen pemilih yang diharapkan KPU Jakpus.

Arif mengungkapkan tingginya tingkat partisipasi di Pilkada DKI 2017 di Jakpus terlihat dari panjangnya antrian pemungutan suara di beberapa TPS yang sempat ia kunjungi.

Ia bahkan menyebutkan bahwa di Jakpus antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya jauh lebih tinggi dibandingkan Pilkada 2012 silam.

"Dibandingkan 2012 lebih ramai sekarang," kata Arif.

Pilkada 2017 diikuti tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017