Surabaya (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur menargetkan musyawarah cabang serentak se-Jatim akan selesai pada Maret 2017 sehingga konsolidasi bisa dilakukan secepatnya.

"Bulan ini seluruh muscab se-Jatim harus selesai untuk persiapan Pemilu Legislatif 2019," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo di sela membuka muscab serentak 11 kabupaten/kota di Asrama Haji Surabaya, Sabtu.

Pada hari ini, 11 Muscab Demokrat digelar, yaitu DPC Kabupaten Mojokerto, DPC Kabupaten Sampang, DPC Kabupaten Pamekasan, DPC Kabupaten Kediri, dan DPC Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian, DPC Kabupaten Lamongan, DPC Kabupaten Pacitan, DPC Kabupaten Tulungagung, DPC Kota Mojokerto, DPC Kota Kediri serta DPC Kota Malang.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, beralasan digelarnya muscab serentak karena ingin mewujudkan keadaan harmoni di internal partai, bahkan termasuk satu-satunya di Indonesia.

Muscab tersebut, kata dia, didahului pra muscab sebelumnya di daerah masing-masing sehingga saat muscab berlangsung tinggal melakukan musyawarah pelantikan pengurus DPC karena dilakukan secara mufakat, bukan dengan suara terbanyak.

"Ini sesuai dengan budaya Jatim yang mengedepankan musyawarah mufakat dalam berorganisasi. Karena kultur yang harus dibangun, bukan mengedepankan konflik," katanya.

Setelah 11 muscab selesai, lanjut dia, ke depan akan dilakukan tahap berikutnya untuk 27 DPC lain yang belum melaksanakannya.

Sementara itu, turut hadir di arena muscab adalah Ketua Badan Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK) DPP Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, serta sejumlah anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur.

Di dalam muscab serentak juga dilakukan pelantikan pengurus DPC, kemudian pendataan anggota partai di berbagai level dan struktural di Jatim sebagai bentuk memastikan berapa jumlah anggota yang masih aktif sampai sekarang.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017