Amsterdam (ANTARA News) - Ajax Amsterdam berhasil menundukkan Feyenoord dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-28 Eredivisie Liga Belanda di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu.

Kemenangan Ajax dalam laga yang kerap dikenal sebagai De Klassieker alias partai klasik itu diraih berkat gol-gol dari Lasse Schoene dan David Neres.

Berkat kemenangan tersebut, tim besutan Peter Bosz kembali ke peringkat kedua klasemen dengan raihan 66 poin, setelah sempat digusur oleh PSV Eindhoven (64), sekaligus memangkas jarak menjadi tersisa tiga poin dari Feyenoord (69) yang tetap berada di puncak.

Ajax unggul cepat lewat eksekusi tendangan bebas Schoene tak jauh dari kotak penalti dengan mengarahkan bola ke sudut kanan atas gawang saat pertandingan baru berjalan satu menit.

Sejak keunggulan tersebut, tuan rumah terus mengancam gawang Feyenoord sebelum akhirnya menggandakan keunggulan mereka lewat sepakan kaki kanan Neres menyampun umpan Hakim Ziyech.

Tampil tanpa bintang mudanya, Kasper Dolberg, yang tengah cedera, Ajax tetap mendominasi permainan dengan menguasai 57 persen pengendalian bola dan melepaskan 24 kali percobaan tembakan yang hanya delapan di antaranya yang menemui sasaran.

Feyenoord beberapa kali berusaha keluar dari tekanan sebelum akhirnya berhasil mencetak satu gol di pengujung laga, lewat tendangan jarak jauh Michiel Kramer.

Sayangnya, gol Kramer pada menit 90+1 itu terlalu terlambat dan tak banyak mengubah keadaan dan Feyenoord tetap harus meninggalkan Amsterdam Arena tanpa satu poinpun di tangan.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Ajax (4-3-3): Andre Onana (PG); Joel Veltman, Davinson Sanchez, Nick Viergever, Daley Sinkgraven; Davy Klaassen, Lasse Schoene, Hamim Ziyech; David Neres (Abdelhak Nouri), Bertrand Traore (Mateo Cassiera), Justin Kluivert (Vaclav Cerny)
Pelatih: Peter Bosz

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer (PG); Rick Karsdorp (Renato Tapia), Eric Botteghin, Jan-Arie van der Heijden, Miquel Nelom; Karim El Ahmadi, Dirk Kuyt, Bart Nieuwkoop (Gustavo Hamer); Steven Berghuis, Nicolai Jorgensen (Michiel Kramer), Jens Toornstra
Pelatih: Giovanni van Bronckhorst

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017