Beijing (ANTARA News) - Kereta api di China mengangkut sedikitnya 45 juta pemudik selama musim libur "Qingming" selama empat hari sejak Sabtu (1/4) hingga Selasa (4/4).

Jumlah penumpang yang diangkut kereta api selama perayaan Qingming tahun ini meningkat 9,5 persen dibandingkan pada momentum yang sama tahun lalu, demikian data China Railway Corp (CRC) di Beijing, Rabu.

Di Indonesia Festival Qingming dikenal dengan Hari Cengbeng yang diperingati setiap tanggal 5 April setiap tahunnya dan diisi dengan mendatangi dan membersihkan makam leluhur dengan membawa makanan dan karangan bunga.

Bagi sebagian besar masyarakat di dataran Tiongkok, libur Qingming dimanfaatkan dengan berkumpul bersama keluarga, makan-makan bersama, liburan di luar rumah, atau mendatangi makam leluhur.

Menurut CRC, tahun ini kepadatan penumpang terjadi di sejumlah stasiun kereta api di Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Guilin, Zhangjiajie, dan Kunming.

Puncak kepadatan terjadi pada Minggu (2/4) saat 12,7 juta orang melakukan mudik dengan menggunakan kereta api. Jumlah penumpang itu naik 10 persen dibandingkan perayaan yang sama tahun lalu dan menjadi catatan tersendiri bagi perusahaan kereta api tersebut sesuai dengan jumlah penumpang harian selama musim libur tahunan itu.

Pada Minggu (2/4) itu jumlah penumpang di Beijing tercatat mencapai 1,31 juta orang, Shanghai (2,63 juta), dan Guangzhou (1,75 juta), demikian pernyataan manajemen CRC sebagaimana dikutip China Daily.

CRC memperkirakan 12,5 juta pemudik menggunakan kereta api pada saat arus balik yang puncaknya terjadi pada Selasa (4/4).

Otoritas CRC di beberapa daerah menerapkan kebijakan berbeda untuk mengatasi kepadatan penumpang selama musim libur Qingming itu. Stasiun utama di Shenyang, Provinsi Liaoning, memasang mesin pemindai wajah, sedangkan stasiun besar di Changchun, Provinsi Jilin, memasang 65 unit mesin pembelian tiket ditambah delapan unit mesin pemeriksa tiket.

CRC Provinsi Shandong membuka loket pembelian tiket secara berkelompok di stasiun Qingdao, Taian, dan Qufu untuk memangkas antrean penumpang yang hendak berlibur di objek-objek wisata daerah itu.

Dengan mulai datangnya musim semi ini, beberapa biro perwakilan CRC di daerah membuka rute perjalanan menuju objek-objek wisata di dataran Tiongkok.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017