Bandung  (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyapa sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Teras Cihampelas, Kota Bandung, saat kunjungan kerja di Jawa Barat.

Menurut pantauan Antara di Bandung pada Rabu, Jokowi naik ke Teras Cihampelas yang terletak di atas Jalan Cihampelas itu dari tangga pertama yang berlokasi di bagian utara.

Dia menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Kota Bandung dalam memanfaatkan tata kota untuk ruang terbuka sekaligus tempat UMKM untuk berjualan.

"Kita melihat di Teras Cihampelas yang didesain, dikerjakan oleh Walikota Bandung saya kira sebuah penghargaan yang sangat baik bagi pedagang kaki lima."

"Penataan, penempatannya juga sangat betul-betul ditata sangat rapi dan ini juga menjadi sebuah daya tarik wisatawan dalam negeri maupun luar," kata Presiden ditemui usai berjalan kaki melihat sejumlah pedagang kaki lima di Teras Cihampelas.

Menurut Jokowi, Kota Bandung memiliki kekuatan ekonomi di sejumlah produk yaitu fashion seperti baju, kaos, jaket, tas maupun souvenir dan cinderamata.

Kota dengan julukan "Parijs Van Java" itu juga memiliki kekuatan citra di sektor kuliner yang terkenal.

"Saya kira itu sebuah penataan usaha mikro, penataan usaha kecil, penataan pedagang kaki lima yang betul-betul diperhatikan oleh Pemerintah Kota Bandung. Saya sangat menghargai sekali," ujar Jokowi.

Kepala Negara menilai sejumlah kota lainnya di Indonesia dapat mencontoh Kota Bandung dalam menata pedagang kaki lima dan UMKM.

Selain penataan UMKM dan ruang terbuka untuk wisata, Presiden juga menilai kota-kota besar perlu mengembangkan sistem transportasi massal.

Jokowi mengatakan pemerintah kota dan daerah harus dapat menyiapkan angkutan massal seperti Light Rapid Transit, Mass Rapid Transit, ataupun Metro Capsule untuk menyelesaikan masalah kemacetan.

"Ini masih dalam proses perencanaan, proses penyiapan untuk kota-kota besar yang seperti Bandung, Surabaya, Palembang, Jakarta, Medan, Makassar yang sudah padat memang tidak bisa tidak," kata Jokowi terkait persiapan transportasi massal di Indonesia.

Presiden melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat selama 2 hari mulai Rabu.

Dalam kunjungannya Presiden telah menyaksikan pembagian Kartu Bantuan Sosial dan Program Makanan Tambahan kepada masyarakat di Kecamatan Cicendo.

Selain Bandung, Presiden direncanakan mengunjungi Kota Cirebon pada Kamis (13/4).

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017