... dia pura-pura bodoh, lalu minta makan dan saya kasih yang tidak dijual. Tapi dia minta lagi, ini ada yang tidak beres ini...
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Seorang diduga tahanan kabur dari Rumah Tahanan Pekanbaru tertangkap di tengah kota. Dia ditangkap saat sedang minta tambah makan di satu warung di Jalan Cempedak, dan... dia tidak bisa bayar.

"Dari tampangnya dia pura-pura bodoh, lalu minta makan dan saya kasih yang tidak dijual. Tapi dia minta lagi, ini ada yang tidak beres ini," kata Lina, penjual makanan di Kelurahan Wonorejo, Pekanbaru, Sabtu.

Lalu terjadi perdebatan hingga ada beberapa warga sekitar mendatangi orang itu. Pengunjung rumah makan itu sontak curiga, orang itu tahanan yang kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk. Lina tidak berlaku heboh, khawatir orang itu dipukuli massa.

Selanjutnya, menurut Lina, datang seorang anggota Brimob setempat. Orang yang makan tanpa bayar itu ditangkap dan dibawa ke Kantor Lurah Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai. "Lalu ada abang anggota Brimob yang datang. Dia foto dan benar ini tahanan," ulasnya.

Tahanan yang kepalanya nyaris plontos itu mengaku semula tinggal di Jalan Sudirman.

Data terkini menyatakan, ada 442 tahanan yang kabur (semula masih 300-an). Sedangkan yang tertangkap sudah 214 sehingga masih tersisa 200 lebih lagi.

Sebagian besar tertangkap di Pekanbaru selebihnya di kabupaten yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru. Di antaranya tujuh orang di Kabupaten Kampar, lima di Kabupaten Pelalawan, masing-masing satu orang di Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis.

Pewarta: Bayu Adha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017