Jakarta (ANTARA News) - Telkomsigma menargetkan sebanyak 100.000 UKM dan ritel menjadi pengguna Star Cloud, solusi yang menawarkan kapasitas "bandwidth" tanpa batas, sistem pembayaran secara "online" dan "off line", serta multilayanan untuk pengembangan bisnis UKM di Tanah Air.

"Kami optimistis dalam 1 tahun ke depan (Mei 2018), sebanyak 100.000 UKM dan pelaku pasar ritel menggunakan Star Cloud Telkomsigma," kata CEO Telkomsigma Judi Achmadi di Jakarta, Sabtu.

Menurut Judi, tiga segmen UKM yang menjadi sasaran Star Cloud, yaitu para pebisnis pemula bidang fashion, kuliner, dan kerajinan yang dalam menjalankan usahanya membutuhkan infrastruktur IT.

Ia menjelaskan bahwa tiga pelaku UKM potensial tersebut sudah lebih mapan dan membutuhkan ragam layanan IT mulai dari kapasitas "bandwidth" yang besar untuk menampilkan gambar-gambar berkualitas tinggi.

"Transformasi digital merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari. Tantangan yang dihadapi UKM dan korporasi adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan infrastruktur IT yang efisien dengan harga terjangkau," katanya.

Untuk itu, Telkomsigma pada hari Kamis (18/5) menggelar Star Cloud Day yang diikuti para manajer IT perusahaan mulai dari UMKM hingga perusahaan korporasi skala besar.

Telkomsigma menggelontorkan investasi sebesar Rp90 miliar untuk menghadirkan solusi Star Cloud.

Ada beberapa pilihan paket Star Cloud, dengan harga paling terjangkau sebesar Rp136 ribu per bulan atau ramah di kantong para UKM Indonesia.

"Kami memberikan solusi IT menyeluruh menjadi salah satu keunggulan Star Cloud yang berfondasikan simple, trusted, affordable, dan reliable," ujarnya.

Di samping itu, solusi Star Cloud juga mengedepankan sisi keamanannya. Data Center yang dimiliki oleh Telkomsigma sudah tersertifikasi Tier III, artinya keamanannya terjamin.

Di samping itu, kehadiran Star Cloud juga untuk membantu pemerintah dalam mendigitalisasi pengembangan bisnis pasar retail dan UKM.

Didukung data center seluas 200.000 meter persergi yang "Always On" dan aman, Star Cloud menjadi pilihan utama para UKM dan ritel dalam mengembangkan pebisnis dalam mendigitalisasi usahanya.

Layanan ini diharapkan bisa membawa masyarakat yang terbiasa menggunakan public cloud asing seperti Microsoft Azure, Amazon Web Service memanfaatkan produk anak usaha Telkom ini.

(T.R017/D007)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017