Jakarta (ANTARA News) - Juventus akan menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions Eropa musim kompetisi 2017 di National Stadium Cardiff, Wales, Sabtu waktu setempat.

Kedua tim yang berbeda filosofi sepak bola itu sama-sama ingin menorehkan sejarah pada laga malam ini. Juventus yang kental dengan permainan bertahan memburu tiga gelar (treble winner) 2017 setelah menjadi kampiun Serie A dan Coppa Italia.

Sedangkan Real Madrid, tim bertabur bintang dengan filosofi sepak bola menyerang, mencoba menghapus kutukan sebagai tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar di era Liga Champions.

Pada laga ini, pelatih Zinedine Zidane tidak ingin mengambil risiko dengan menurunkan Gareth Bale yang tidak dalam kondisi maksimal. Pelatih asal Prancis itu menempatkan Bale di bangku cadangan, sementara posisinya di lapangan diisi oleh Isco yang biasanya bermain sebagai gelandang serang.

Ronaldo dan Benzema tidak tergantikan di lini depan Los Blancos, adapun sektor lini tengah Madrid dipercayakan pada Luca Modric, Casemiro dan Toni Kross yang punya kemampuan bertahan.

Real Madrid tetap menggunakan format empat bek sejajar dengan jantung pertahanan akan ditempati Sergio Ranos dan Varane, adapun Carvajal dan Marcelo berada di sisi kanan dan kiri.

Di bangku cadangan Madrid tidak tercantum nama James Rodriguez, di sisi lain bekas ujung tombak Juventus, Alvaro Morata, kemungkinan akan turun pada babak kedua.

Kubu Juventus menurunkan tiga bek yaitu Andrea Barzagli, Leandro Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Dani Alves dan Alex Sandro menempati posisi sayap yang secara dinamis bisa turun ke belakang apabila dibutuhkan.

Miralem Pjanic dan Sami Khedira akan menjadi mesin pengumpan Juventus sekaligus pengatur tempo permainan. Sedangkan urusan menggedor pertahanan Madrid diserahkan kepada Dybala, Higuain dan Mandzukic.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Dani Alves, Pjanic, Khedira, Alex Sandro; Dybala, Higuain, Mandzukic
Cadangan: Neto, Benatia, Lichtsteiner, Marchisio, Asamoah, Cuadrado, Lemina

Real Madrid:
Keylor Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Isco; Benzema, Ronaldo
Cadangan: Casilla, Danilo, Nacho, Kovacic, Bale, Asensio, Morata.

Pewarta: Alviansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017