Yogyakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta akan menjalankan satu rangkaian kereta tambahan ekstra Lebaran yang bernama KA Mataram Premium untuk memenuhi membludaknya penumpang saat musim mudik dan balik.

"Kereta ini melayani penumpang dengan relasi Stasiun Lempuyangan Yogyakarta ke Stasiun Pasar Senen Jakarta," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, kereta Mataram Premium tersebut akan diberangkatkan setiap hari selama masa Angkutan Lebaran 2017, terhitung sejak H-10 atau Kamis (15/6) hingga H+15 atau 11 Juli. Kereta diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan pada pukul 08.20 WIB.

Tiket untuk kereta Mataram Premium akan dijual mulai Rabu (14/6) pukul 00.01 WIB secara online. Calon penumpang dapat memanfaatkan berbagai aplikasi pembelian tiket melalui laman KAI, KAI Access, dan agen penjualan resmi lainnya.

Rangkaian kereta Mataram Premium tersebut merupakan hasil produksi PT Inka yang baru saja diselesaikan dan diserahterimakan ke PT KAI untuk mendukung pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini.

Satu rangkaian Mataram Premium terdiri dari delapan unit kereta atau gerbong yang memiliki kapasitas masing-masing 80 tempat duduk, dan dua unit kereta premium untuk penumpang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Kapasitas kereta atau gerbong untuk penumpang yang memiliki keterbatasan fisik tidak sebanyak gerbong reguler, yaitu hanya berkapasitas 64 tempat duduk.

"Dengan demikian, total kapasitas untuk setiap kali perjalanan kereta adalah 768 penumpang," katanya.

Penumpang yang memanfaatkan kereta Mataram Premium dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di kereta di antaranya tempat duduk yang bisa diatur kemiringan sandarannya, empat buah televisi di tiap kereta, dan kereta makan didesain seperti minibar.

Kereta Mataram Premium tersebut, lanjut Eko, menambah jumlah kereta yang akan dioperasionalkan dari Daop VI Yogyakarta selama Lebaran. Selain 20 kereta reguler, PT KAI Daop VI juga sudah menjadwalkan perjalanan tujuh kereta tambahan selama masa Angkutan Lebaran 2017.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017