Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait mengatakan mayoritas warga Majalengka, Jawa Barat mendukung Pancasila.

Maruarar mengatakan hal itu dalam acara Parade Kebhinnekaan yang digelar DPP TMP dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Majalengka, Minggu (23/7).

Parade yang digelar di Alun-Alun Majalengka itu diisi dengan rangkaian kegiatan seperti Jalan Sehat Kebangsaan dan Kirab Budaya. Acara ini diikuti ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat, seperti pelajar, komunitas seni dan organisasi kemasyarakatan.

Acara itu dibuka oleh Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait, Bupati Majalengka Sutrisno, Wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi, Ketua Panitia Kirab Kebhinekaan Tati Purnawati dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka Jejep Falahul Alam. Doa dipimpin oleh KH Maman Imanulhaq.

"Sekitar 20 ribu masyarakat Majalengka yang berkumpul disini bukti mendukung Pancasila dan menentang radikalisme," kata Maruarar Sirait (Ara) dalam keterangan persnya.

Ara mengatakan kirab kebhinnekaan ini ingin menunjukkan bahwa yang mendukung Pancasila, menjujung kebhinekaan, pluralisme adalah mayoritas masyarakat Indonesia yang selama ini mereka diam saja.

Oleh karena itu, TMP ingin menunjukkan bahwa di akar rumput mendukung Pancasila. Ara menuturkan bahwa perbedaan merupakan kekuatan bangsa Indonesia.

Selain itu, Indonesia adalah negara demokrasi dan hukum, sehingga masyarakat menjujung tinggi kapan waktunya bersaing tanpa anarkis. "Jadi mari kita saling menghormati dan menghargai," katanya.

Ara menegaskan TMP mendukung pemerintahan Jokowi-JK dalam upaya menegakkan Pancasila dan menjaga stabilitas politik yang merupakan syarat untuk stabilitas ekonomi.

"Maka itu TMP tidak hentinya-henti melakukan acara kirab kebangsaan. Kirab kebangsaan ini sudah dibuat diberbagai tempat seperti di Jakarta, Bogor, Karawang, Subang, Semarang dan Magelang. Dalam waktu dekat acara itu akan digelar di Sorong, Sulawesi Selatan dan Bekasi," katanya.

Rizal Fauzani salah satu peserta Kirab Kebhinnekaan dari SMK N 1 Kabupaten  Majalengka kelas 10 ini mengungkapkan bahwa sebagai generasi muda harus bisa menghargai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan.  

Untuk itu, ia mengajak agar seluruh pelajar turus belajar dan menggali potensi yang mereka miliki. Sehingga kelak potensi yang mereka miliki akan membanggakan Indonesia di mata dunia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017