Persiapannya sudah 81,75 persen
Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk meramaikan karnaval kemerdekaan yang bertajuk "Pesona Parahyangan" dengan memakai pakaian adat khas Sunda pada Sabtu (26/8).

"Karena temanya budaya, kalau bisa datang dengan berpakaian adat, kalau Bandung mah pangsi-kebaya kaya gitu," ujar Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Rabu.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku bangga dan menjadi suatu kehormatan baginya, karena Kota Bandung dipilih sebagai tuan rumah karnaval kemerdekaan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Tak hanya Presiden, seluruh perwakilan provinsi di Indonesia akan hadir dan menampilkan keberagaman budaya masing-masing. Mereka, akan arak-arakan mengelilingi pusat Kota Bandung hingga berakhir di Gedung Merdeka.

"Persiapannya sekarang, masing-masing sedang menyiapkan arak-arakannya, sudah berdatangan mulai hari ini dan besok dari seluruh Tanah Air," kata dia.

Jokowi juga rencananya akan mengenakan pakaian adat khas Sunda, namun kata Emil, belum bisa dipastikan pakaian khas Sunda apa yang akan dikenakan Presiden.

Emil mengatakan sebagai tuan rumah, Kota Bandung siap menggelar event tahunan itu. Bahkan ia berani mengklaim bahwa persiapan agenda tahunan ini, sudah hampir matang.

"Persiapannya sudah 81,75 persen," kata dia.

Ia menambahkan dalam gelaran itu Kota Bandung akan menyumbang kendaraan hias untuk ikut iring-iringan karnaval.

"Karena bukan acaranya Pemkot Bandung, ini acaranya pemerintah pusat tapi acaranya di Bandung. Jadi kita juga bagian dari peserta, jadi dibatasi," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017