Enfield (ANTARA News) – Harry Kane kemungkinan besar akan menjadi penerus Wayne Rooney sebagai kapten permanen tim nasional Inggris setelah ditunjuk pelatih Gareth Southgate menjadi kapten untuk laga kualifikasi Piala Dunia melawan Slovenia, Kamis malam.

Dalam beberapa bulan terakhir sejak mundurnya Rooney, Southgate memang merotasi jabatan kapten kepada tiga orang pemain reguler di Timnas Inggris yaitu Harry Kane, gelandang Liverpool Jordan Henderson dan bek Chelsea Gary Cahill.

Penyerang Tottenham berusia 24 tahun itu, menjadi kapten Inggris saat melawan Skotlandia dan Prancis pada akhir musim lalu. Jordan Handerson mengambil alih ban kapten saat melawan Malta dan Slowakia bulan lalu.

"Dia adalah kapten untuk besok (Kamis), yang sudah dia ketahui sebulan lalu. Kami sudah membicarakannya," kata Southgate pada konfrensi pers pada Rabu di tempat latihan Tottenham di Enfield, London utara.

"Dia adalah seseorang yang kualitas kepemimpinannya sangat berharga bagi kita sebagai sebuah tim. Dia berada dalam momen yang sangat bagus sekaligus dalam penampilannya."

Kane sudah mencetak 13 gol dalam delapan penampilan terakhirnya untuk klub dan negaranya.

"Itu membuat saya sangat bangga," katanya.

"Sebagai anak-anak Anda ingin bermain untuk negara Anda dan selalu bermimpi menjadi kapten, terutama berjalan di Wembley. Itu akan menjadi hal yang menakjubkan bagi saya secara pribadi," kata Kane, demikian AFP.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017