counter

Arjen Robben pensiun dari timnas Belanda

Arjen Robben pensiun dari timnas Belanda

Pemain Belanda Arjen Robben merayakan kemenangan timnya atas Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2014 di Castelao arena, Fortaleza, Brazil, Minggu (29/6). Belanda menang 2-1 atas Meksiko dan melaju ke perempat final. (ANTARA FOTO/REUTERS/Eddie Keogh/ox/14.)

Muenchen (ANTARA News) - Arjen Robben memutuskan pensiun dari ajang sepak bola internasional setelah timnas Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Robben disebut bakal lebih memfokuskan diri untuk membela Bayern Muenchen, sebagaimana dikutip dari laman klub papan atas Bundesliga itu.

Pemain sayap berusia 33 tahun--yang mampu mencetak dua gol ketika Balanda mengalahkan Swedia dengan skor 2-0--mengatakan terlalu banyak hal yang perlu dikerjakan untuk lolos dari babak kualifikasi Grup Piala Dunia 2018.

"Pada akhirnya pemain yang rentan mengakhiri karier (di sepak bola)," kata Robben untuk menyebut serangkaian cedera yang ia alami beberapa waktu lalu.

"Saya telah lama menimbang dan memikirkan untuk segera gantung sepatu, dan saya akhirnya saya putuskan juga. Saya berusia 33 tahun sekarang, dan saya  memperkuat klub papan atas Eropa dan saya ingin berkonsentrasi. Ini waktunya berganti haluan," katanya.

Robben memulai debut bersama tom Oranje pada 2003, dan mampu melesakkan dua gol dalam fase knock-out di ajang Piala Dunia 2010, meski akhirnya Belanda kalah 0-1 dari Spanyol di final di Afrika Selatan.

"Arjen masih menjadi salah satu pemain terbaik dunia," kata pelatih timnas Belanda Dick Advocaat.

"Dan ia mamsih berpeluang menjadi pemain hebat dan berperan positif bagi klubnya. Timnas akan tetap mengenang dia karena ia pemain berkualitas," kata Advocaat pula.

Robben telah memperkuat timnas Belanda dalam 96 pertandingan.

"Saya sangat bangga dan merasa terhormat dapat membela negara saya dalam enam turnamen. Momen yang terindah saat saya berlaga di Piala Dunia 2010 dan 2014...Empat belas tahun bukan waktu yang pendek," kata Robben.   

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar