Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita menarik kemarin yang laik dibaca hari ini.



Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa penerapan pembayaran tol dengan uang elektronik (e-Toll) adalah untuk mempercepat pelayanan.

"Kan sudah bolak balik saya sampaikan e-Toll ini untuk memperbaiki pelayanan kita, untuk mempercepat pelayanan, sehingga tidak ada yang namanya macet di depan gerbang. Itu ngga ada," kata Presiden usai acara peninjauan program perhutanan sosial untuk pemerataan ekonomi di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis.



Bagi sastrawan Sapardi Djoko Damono, menerjemahkan karya sastra tak sebatas mengalihbahasakan kata per kata dan dilakukan hanya dengan sekali membaca karya itu.

"Saya penerjemah juga. Memang kita harus baca berulang kali dulu. Setelah bisa menghayati baru kita keluarkan," ujar dia di Jakarta, kemarin. 

Menurut Sapardi, karya hasil terjemahan adalah "milik" si penerjemah. Dia mencontohkan, karya antologi puisi "Hujan Bulan Juni" yang  diterjemahkan ke dalam bahasa Mandarin, adalah milik penerjemahnya, T.F.Chan. 



Diluncurkan pada 2016, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital kini telah menghasilkan 112 startup. Hal tersebut disampaikan CEO dan Founder KIBAR Yansen Kamto di sela ajang teknologi Dell EMC Forum 2017 di Jakarta, Rabu.

"Lebih dari 30.000 mendaftar kami menerima 6.000 dikarenakan keterbatasan mentor, itu pun kami sudah memiliki 357 mentor di seluruh Indonesia tapi itu tidak cukup," ujar Yansen.



Dusun Meliau di Desa Malemba, Kecamatan Batang Lupar, kapuas Hulu, Kalimantan Barat, adalah salah satu Dusun Wisata di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Dusun yang berada di tepi Sungai Leboyan tersebut menawarkan daya tarik alam yang masih asli serta kehidupan masyarakat Dayak Iban yang hidup berdampingan secara harmonis dengan alam sekitarnya.

Sejak 2009 dusun tersebut mulai dibuka bagi wisatawan. Untuk sampai ke sana, diperlukan perjalanan selama 1,5 hingga 2 jam dengan speedboat dari Lanjak, ibu kita Kecamatan Batang Lupar. 




Veronica (Nikita Willy), seorang diva papan atas tiba-tiba jatuh pingsan di tengah pertunjukannya. Sesudah mendapat pertolongan, dia memutuskan untuk menenangkan diri. 

Veronica meminta manajernya, Michael (Rendy Krisna) mencarikannya sebuah rumah yang jauh dari hingar bingar kota, di kawasan Sumatera Barat. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017