Melalui event ini kita kenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan
Jakarta (ANTARA News) - Ajang balap sepeda internasonal Tour de Linggarjati (TdL) 2017 yang akan berlangsung di Kabupaten Kuningan pada 1-3 Desember 2017 diluncurkan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta, Kamis.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuti didampingi Bupati Kuningan H Acep Purnama meluncurkan Tour de Linggarjati 2017 di Gedung Sapta Pesona Jakarta.

"Selama berlangsung TdL 2017 ditargetkan sebanyak 500 wisatawan nusantara (wisnus) dan 150 wisatawan mancanegara (wisman) akan berkunjung dengan total pengeluaran lebih dari Rp2 miliar yang langsung dibelanjakan di tingkat masyarakat," kata Esthy Reko Astuti.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan event wisata olahraga TdL 2017 merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Ajang wisata olahraga, kata Esthy Reko Astuti, mempunyai ikutan langsung berupa peningkatan ekonomi serta promosi berupa news value yang dampaknya akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan.

Tercatat tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan mencapai 3 juta orang dengan pengeluaran sebesar Rp2,4 triliun.

"Peningkatan kunjungan wisatawan ini tentunya tidak lepas dari semakin membaiknya unsur 3 A (Atraksi termasuk adanya event TdL, Amenitas, dan Aksesibilitas)," katanya.

Penyelenggaraan event sport tourism berskala internasional ini digelar sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan; memacu pembangunan infrastruktur daerah; membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi; sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan pariwisata.

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan Kabupaten Kuningan telah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan, sehingga berbagai upaya mengoptimalkan potensi wisata yang dimiliki terus dilakukan di antaranya menggencarkan promosi serta meningkatkan kualitas destinasi termasuk aksesibilitas.

"Kami memiliki 14 objek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan, 8 event budaya tahunan, 4 situs sejarah dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan," kata H Acep Purnama.

Ia mengatakan untuk aksesibilitas telah dibuka Tol Cikapali (Jakarta-Kuningan dengan waktu tempuh hanya 3,5 jam), Tol Cisumdawu, dan segera dibuka Bandara Internasional Kertajati yang diharapkan akan semakin memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

"Melalui event ini kita kenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan," kata Acep mengenai TdL.

Penyelenggaraan TdL 2017 yang akan diikuti sekitar 200 peserta ini juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-519 dan memperingati peristiwa Perundingan Linggarjati ke-71 sebagai bagian sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Pelaksanaan TdL 2017 terbagi menjadi 3 kategori lomba, yaitu Individual Time Trial (ITT) start dari Simpang Tiga Caracas dan finis di halaman Gedung Perundingan Linggarjati dengan jarak tempuh 9,9 km (Hari Jumat, 1 Desember 2017 pukul 08.00 - 10.30 WIB); Individual Road Race (IRR) start dan finis halaman Kantor Pemda Kabupaten Kuningan, dengan jarak tempuh youth 30,7 km, junior 63,7 km, dan elite 106,4 km (Sabtu, 2 Desember 2017, pukul 08.00 - 13.00 WIB).

Selanjutnya Criterium start dan finis di depan Mesjid Syiarul Islam Kabupaten Kuningan dengan jarak tempuh 3 km (Minggu, 3 Desember 2017 pukul 10.00 sampai selesai).

Selain itu Test Event Asian Games start dari halaman Pendopo Kabupaten Ciamis dan finis di Pendopo Kabupaten Kuningan (Minggu, 3 Desember 2017 pukul 08.00 - 13.00 WIB) untuk men elite 120 km dan women elite sekitar 80,7 km.

Sedangkan kegiatan fun bike TdL 2017 yang diikuti sekitar 2.000 sepeda menempuh jarak 9,2 km mengambil start dan finis di Pandapa Paramarta Komplek Stadion Masud Wisnusaputra Kuningan akan berlangsung pada Minggu, 3 Desember 2017.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017