Miami (ANTARA News) - SpaceX pada Kamis waktu setempat menunda peluncuran muatan rahasia pemerintah Amerika Serikat (AS) yang dikenal dengan nama Zuma, misi yang sifatnya -- dan badan di baliknya -- misterius.

"Kami memutuskan untuk mundur dan melihat lebih dekat data dari pengujian fairing baru-baru ini untuk satu pelanggan lainnya," kata SpaceX dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kamis malam, sekitar dua jam sebelum jendela peluncuran yang direncanakan dibuka. Fairing adalah bagian ujung roket yang melindungi muatan.

"Meski kami mempertahankan kesempatan untuk besok, kami akan meluangkan waktu untuk melengkapi ulasan data dan kemudian mengonfirmasi tanggal peluncuran yang baru," kata pernyataan SpaceX yang dikutip AFP.

SpaceX dan Pentagon tidak merespons permintaan keterangan mengenai sifat misi tersebut.

Northrup Grumman, pembuat muatan itu, mengatakan bahwa muatan tersebut untuk pemerintah Amerika Serikat dan akan dikirim ke orbit rendah Bumi, tetapi tidak menyampaikan rincian lainnya.

SpaceX tidak asing bagi peluncuran keamanan nasional.

Awal tahun ini, perusahaan berbasis di California yang dipimpin oleh pengusaha miliarder Elon Musk tersebut meluncurkan sebuah satelit mata-mata untuk National Reconnaissance Office, dan pesawat ulang-alik X-37B untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. (hs)




Pewarta: Antara
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017