Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 11 klub bulu tangkis dijadwalkan akan bertarung pada kejuaraan bulu tangkis beregu Blibli.com Superliga Junior 2017 yang digelar di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, 5-10 Desember 2017.

Kompetisi yang menggunakan format beregu piala Thomas dan Uber ini terbagi dalam dua kategori yakni U-17 yang memperebutkan piala Superliga Junior, serta U-19 yang memperebutkan piala bergilir Liem Swie King (putra) dan Susy Susanti (putri).

Direktur Superliga Achmad Budiharto saat konferensi pers di Jakarta, Selasa, mengatakan bergulirnya turnamen Blibli.com Superliga Junior 2017 diharapkan bisa meningkatkan jam terbang para atlet-atlet muda untuk bertanding dalam format kompetisi beregu.

"Pengalaman bertanding dalam format beregu sangat penting bagi para pemain muda. Kami harap dengan kompetisi ini, para pemain kita semakin terbiasa berkompetisi di nomor beregu yang akan menjadi modal mereka untuk mengikuti kejuaraan beregu di level yang lebih tinggi nantinya," kata Budiharto.

Dalam kategori U-19 terdapat delapan klub yang akan bertanding yakni PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung dan tiga klub yang masing-masing berasal dari Jepang, Malaysia dan Korea Selatan.

Sementara untuk kategori U-17 akan diikuti PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung, Fifa Badminton Club, PB Sarwendah Jakarta, PB Candra Wijaya Tangerang, sehingga terdapat 11 klub bulutangkis papan atas dari Indonesia, Jepang, Malaysia hingga Korea Selatan yang akan menurunkan atlet terbaiknya di dua kategori pertandingan.

Blibli.com Superliga Junior 2017 ini menjanjikan total hadiah sebesar Rp265 juta. Untuk kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti, masing-masingnya akan memperebutkan hadiah sebagai juara I Rp100 juta, juara II Rp50 juta, dan juara III bersama Rp25 juta.

Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Superliga Junior akan mendapatkan hadiah sebagai juara I Rp50 juta, juara II Rp25 juta dan juara III bersama Rp15 juta.

Blibli.com, yang menjadi sponsor turnamen menyebutkan bahwa turnamen ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya menjadi pendukung ajang Kejuaraan Dunia bulu tangkis Junior 2017, yang disebut pihak perusahaan sebagai komitmen untuk mengambil bagian dalam kegiatan positif yang melibatkan generasi muda.

"Melalui Blibli.com Superliga Junior 2017, kami optimis para pebulutangkis muda Indonesia dapat semakin mengasah kemampuan mereka dan meraih prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia," ujar Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto di lokasi yang sama.

"Selain itu kami harap para peserta dapat memanfaatkan ajang ini bukan hanya sekedar menunjukkan siapa yang terbaik tapi sebagai ajang mempererat persahabatan antar klub dan negara," kata Kusumo menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017