Jakarta (ANTARA News) - Son Heung-Min memastikan kemenangan Tottenham Hotspur yang sempat tertinggal lebih dulu dari Borussia Dortmund berkat gol menit-menit terakhirnya sehingga memastikan Spurs lolos ke 16 Besar Liga Champions dengan status juara Grup H di atas juara bertahan Real Madrid.

Spurs sempat tertinggal oleh gol babak pertama Pierre-Emerick Aubameyang, namun Harry Kane menyamakan kedudukan lewat gol keenamnya dalam turnamen ini, sebelum Dele Alli dengan cemerlang merancang gol Son untuk memastikan kemenangan 2-1.

Pemain Korea Selatan itu kini menciptakan delapan gol dalam 10 pertandingan melawan Dortmund. Gol-gol itu dia ciptakan sejak memperkuat Hamburg, Bayer Leverkusen, sampai Tottenham.

Tidak terlalu menggigit, tim asuhan Mauricio Pochettino memastikan sebagai juara Grup H walau masih menyisakan satu pertandingan lagi, yakni melawan juara Eropa Real Madrid.

Hasil melawan Dortmund ini telah menaikkan moral Spurs yang Sabtu pekan lalu dipermakukan Arsenal.

Ketiak Tottenham terakhir kali bertandang ke Westfalenstadion, mereka berstatus underdog dalam pertandingan Liga Europa itu dan saat itu Dortmund menang agregat 5-1.

Kini, Spurs menatap fase gugur Liga Champions dengan kepercayaan diri lebih tinggi karena telah menyulitkan Dortmund dan juga Madrid. Spurs akan menjadi kuda hitam dalam undian babak 16 Besar bulan depan, demikian laman ESPN.

Pewarta: Antara
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017