Surakarta (ANTARA News) - Sejumlah pejabat tinggi Indonesia dan China berkumpul di Solo untuk menghadiri Pertemuan Pejabat Tinggi Ketiga Hubungan Antarmasyarakat Indonesia-China membicarakan kerja sama dua negara.

Pertemuan dibuka dengan Pertemuan Pejabat Senior yang dihadiri sejumlah pejabat eselon I dari dua negara dengan hiburan Tari Legong dari Bali.

Wakil Menteri Pendidikan China Tian Xuejun yang memimpin delegasi China dalam Pertemuan Pejabat Senior mengatakan Tari Legong yang ditampilkan saat pembukaan acara sangat indah.

"Lagu Bengawan Solo sangat populer di China dan saat ini kita berkumpul di Solo," katanya.

Tian mengatakan terakhir kali mengunjungi Indonesia 12 tahun sebelumnya dan melihat banyak perkembangan dan pembangunan yang terjadi. Karena itu, dia sangat memuji pembangunan yang dilakukan bangsa Indonesia.

Sementara itu Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof Agus Sartono berharap pertemuan tersebut dapat mempererat kerja sama dua negara.

Pertemuan Tingkat Tinggi Hubungan Antarmasyarakat Indonesia-China di Solo merupakan pelaksanaan yang ketiga. Pertemuan tersebut diawali dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke China pada 25-28 Maret 2015 untuk membahas beberapa hal pokok, salah satunya hubungan antarmasyarakat.

Pertemuan Tingkat Tinggi Pertama Hubungan Antarmasyarakat Indonesia-China dilaksanakan di Jakarta pada 27 Mei 2015 dengan menghasilkan tujuh kesepakatan, sedangkan pertemuan kedua dilaksanakan di Guiyang, China dengan menghasilkan empat kesepakatan baru dan empat kesepakatan tindak lanjut dari pertemuan pertama.

Pada Pertemuan Pejabat Tinggi Ketiga Hubungan Antarmasyarakat Indonesia-China direncanakan menghasilkan tujuh kerja sama yang akan ditandatangani yaitu Kerja Sama Rencana Aksi Tiga Tahun di Bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (2018-2020), Pelaksanaan Rencana Pendirian Pusat Penelitian Bersama Indonesia-China di Bidang Konstruksi Pelabuhan serta Pencegahan dan Mitigasi Bencana.

Kemudian, Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Kesehatan, Pelaksanaan Rencana Kerja Sama di Bidang Taman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Film, Kesepakatan untuk Kerja Sama untuk Penggunaan Energi Nuklir Secara Damai dan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Pemuda. 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017