Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita menarik sepanjang Sabtu (9/12):


1. Presiden sampaikan pesan Indonesia kepada Mahmoud Abbas

Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan Indonesia melalui sambungan telepon kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

"Kemarin saya sudah coba dua kali dan alhamdulilah kemarin saya sudah berbicara dengan Presiden Mahmoud Abbas dan saya sampaikan kembali posisi Indonesia mengenai pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota," kata Presiden Joko Widodo di sela-sela peninjauan pembangunan kembali jembatan penyeberangan orang di Dukuh Bonjing, Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, Sabtu.

Hal itu terkait dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyatakan akan segera memindahkan Kedutaan Besar AS di Israel yang tadinya berada di Kota Tel Aviv ke Kota Yerusalem, padahal Yerusalem masih menjadi kota penting bagi Israel dan Palestina.

"Saya sampaikan kepada Presiden Mahmoud Abbas bahwa yang pertama, Indonesia mengecam keras keputusan AS tersebut dan saya sampaikan juga keputusan tersebut bertentangan dengan semua resolusi Dewan Keamanan PBB tentang Palestina," ujar Presiden.

Menurut Presiden, pengakuan Presiden Trump mengenai pemindahan Kedutaan Besar AS itu juga membahayakan proses-proses perdamaian yang sudah lama dirintis.

Selanjutnya di sini


2. Gatot minta TNI terus pegang prinsip netralitas

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kembali mengingatkan para prajurit TNI untuk terus menjaga netralitas selama tahun politik, saat pemilihan kepala daerah serentak yang berlangsung tahun 2018 serta pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden 2019.

"Tahun-tahun mendatang bangsa Indonesia akan menjalani tahun politik. Menghadapi semua tantangan ini saya ingin mengingatkan kepada segenap prajurit TNI untuk sungguh-sungguh teguh memegang prinsip netralitas serta terus memedomani Sapta Marga Sumpah Prajurit dalam setiap langkah tindakan," kata Gatot dalam amanatnya pada Upacara Serah Terima Jabatan Panglima TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu.

Selama masa pesta demokrasi, menurut dia, para prajurit TNI harus teguh berpegang pada prinsip netralitas dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.

Dia juga berpesan kepada para prajurit TNI agar selalu mewaspadai setiap ancaman yang masuk ke Tanah Air. "Teruslah bekerja keras dan bekerja tegas seraya terus mengevaluasi diri mewujudkan TNI yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat," katanya.

Netralitas, kewaspadaan dan mawas diri, menurut dia, sangat penting dalam dalam pelaksanaan tugas TNI. "Ini sekaligus menjadi penyangga utama bagi tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai," katanya.





3. Gunung Agung tujuh kali meletus dalam 10 jam


Gunung Agung meletus tujuh kali dan mengeluarkan asap kelabu beserta butiran debu dalam 10 jam terakhir menurut Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi I Gede Suantika.

"Letusan ini mengarah ke barat laut dan sejak 8-9 Desember 2017 ini Gunung Agung masih mengalami erupsi efusif yang berlangsung secara sporadis," katanya saat ditemui di Pos Pantau Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Sabtu.

Ia menambahkan letusan abu vulkanik sampai ke tanah dalam waktu sekitar satu jam dan hanya mengenai Desa Tianyar dan Desa Kubu, yang berada di lereng utara Gunung Agung.

Selain itu, Gunung Agung empat kali mengeluarkan asap berwarna putih sejak pukul 00.01 hingga 10.00 WITA.� Abu vulkanik yang keluar dari Gunung Agung menurut pantauan alat PVMBG saat ini tingginya 1.000 hingga 2.000 meter dari atas puncak.


4. Tips berbisnis di luar negeri

Mantan Perdana Menteri Kyrgyzstan Djoomart Otorbaev mengatakan pengusaha Tiongkok harus memahami budaya lokal saat mereka ingin mengembangkan bisnis di negara lain.

Hal tersebut diungkapkan Djoomart Otorbaev dalam Forum Pengusaha Cina-ASEAN yang diselenggarakan di Kunming, Sabtu.

"Pengusaha Tiongkok harus sensitif terhadap kebudayaan dan tradisi lokal saat mereka ingin berekspansi ke luar negeri," ujar Djoomart.

Djoomart mengatakan "Belt and Road Initiative" (BRI) yang digagas Presiden Xi Jinping pada 2015 dapat memberikan manfaat kepada negara-negara berkembang dalam hal pembangunan.

Ide "Belt and Road Initiative" adalah membangun jalan, jalur kereta api dan pelabuhan yang menghubungkan Asia dengan Eropa dan Afrika.

"Belt and Road Initiative" (BRI) akan menyediakan konektivitas krusial bagi negara-negara Asia Tengah seperti Kyrgyzstan dalam meningkatkan perekonomian dengan negara-negara lainnya.


Selanjutnya di sini


5. Resmi, Indonesia tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023

Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA tahun 2023 bersama Filipina dan Jepang setelah memenangi fase final pencalonan yang digelar di Swiss, Sabtu.

Keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu, Indonesia-Filipina-Jepang mengalahkan kandidat lain yaitu Argentina-Uruguay yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama.

"Kami telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah dan Indonesia bersama Filipina serta Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," ujar Sekretaris Jenderal Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Patrick Baumann.

Selain itu, Baumann melanjutkan, ketiga negara Asia tersebut memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah.









Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017