AsiaNet 71608

- Menawarkan langkah-langkah pencegahan bencana yang lebih tangguh dengan pemahaman yang akurat terhadap data pengamatan gempa -

Tokyo, 19 Desember 2017 (Antara/Bernama-AsiaNet) - NEC Corporation (NEC; TSE: 6701) hari ini mengumumkan bahwa NEC menyediakan sistem pencegahan bencana area luas kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Republik Indonesia (BMKG Indonesia). Dana yang telah dipergunakan untuk sistem ini adalah dana bantuan dari program pemerintah Jepang yang dialokasikan untuk pembaharuan terhadap peralatan bagi manajemen risiko bencana, yang dijadwalkan akan mulai dioperasikan pada semester awal tahun 2018.

Indonesia merupakan suatu negara dengan tingkat resiko gempa bumi yang sangat tinggi, sebagaimana yang bisa dilihat dari dampak kerusakan yang signifikan akibat Gempa Besar Sumatra yang terjadi pada bulan Desember 2004 silam. Prakiraan dan sistem peringatan terhadap gempa bumi dan tsunami telah diterapkan dan dioperasikan, namun pengembangan sistem untuk meningkatkan akurasi analisis pusat gempa dan estimasi skala gempa akan selalu menjadi suatu kebutuhan.

Sistem pencegahan bencana area luas ini akan mengumpulkan intensitas seismik dan informasi bentuk gelombang yang diperoleh dari seismometer baru yang dipasang di 93 tempat di seluruh Indonesia. Data tersebut akan dikirim ke pusat data di kantor pusat BMKG di Jakarta secara waktu nyata melalui sistem komunikasi berbasis satelit (VSAT).

Sistem ini akan memudahkan BMKG dalam melakukan pantauan aktivitas seismik secara konsisten dan dapat meningkatkan akurasi analisis pusat gempa dan estimasi skala.

"Sistem NEC akan memberikan kontribusi nyata terhadap upaya-upaya yang dilakukan di Indonesia dalam hal mengurangi kerusakan akibat bencana dan juga meningkatkan kemampuan dalam menangani bencana, karena didukung oleh pengumpulan dan penyebaran data observasi seismologi yang cepat dan akurat," tutur Minoru Hirata, Manajer Umum, Divisi Infrastruktur Cerdas, NEC Corporation. "Lebih dari itu, NEC termotivasi untuk memperkuat upaya tersebut dengan cara mengusulkan sistem yang mampu mendeteksi gempa dan memberikan peringatan dini berdasarkan getaran yang terdeteksi, termasuk deteksi gelombang tsunami."

Tentang NEC Corporation
NEC Corporation adalah pemimpin dalam integrasi TI dan teknologi jaringan yang bermanfaat bagi bisnis dan orang-orang di seluruh dunia. Dengan menyediakan kombinasi produk dan solusi yang memanfaatkan pengalaman perusahaan dan sumber daya global, teknologi canggih NEC memenuhi kebutuhan para pelanggannya yang kompleks dan terus berubah. NEC menghadirkan keahliannya selama lebih dari 100 tahun dalam inovasi teknologi untuk memberdayakan manusia, bisnis dan masyarakat.  Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi NEC di http://www.nec.com.

NEC Group menyediakan "Solusi bagi Masyarakat" secara global yang meningkatkan keselamatan, keamanan, efisiensi dan kesetaraan dalam masyarakat. Berdasarkan pernyataan perusahaan yaitu "Mengorkestrasikan dunia yang lebih cerah," NEC bertujuan untuk membantu mengatasi berbagai masalah yang menantang dan menciptakan nilai sosial yang baru bagi dunia hari esok yang terus berubah. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi
http://www.nec.com/en/global/about/solutionsforsociety/message.html.

NEC adalah merek dagang terdaftar dari NEC Corporation. Segala Hak Dilindungi Undang-undang. Produk atau layanan lainnya yang disebutkan di sini merupakan merek dagang dari pemiliknya masing-masing. ©2017 NEC Corporation.

Kontak Pers NEC (Jepang):
Seiichiro Toda        
NEC Corporation                    
s-toda@cj.jp.nec.com
+81-3-3798-6511                        

Joseph Jasper        
NEC Corporation                    
j-jasper@ax.jp.nec.com
+81-3-3798-6511


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017