Jakarta (ANTARA News) - Dirjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, menyampaikan keuntungan dan kerugian yang diprediksi akan terjadi terhdap IKM dengan adanya program lelang gula rafinasi. 




"Kalau lelang, IKM butuh banyak waktu untuk persiapan. Kalau tidak lelang, IKM tidak perlu waktu banyak untuk mendapatkan bahan baku gula rafinasi, tapi kontrolnya susah, rentang kendalinya luas," ujar dia, di Jakarta, Kamis.



Hal itu kajian yang dilakukan Kementerian Perindustrian bersama Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta terkait rencana lelang gula rafinasi yang dimulai Januari 2018.



Kendati demikian, Gati tetap berharap lelang gula rafinasi untuk IKM tidak dilakukan, karena keikutsertaan IKM untuk mendapatkan bahan baku gula melalui lelang tidak mudah, karena IKM perlu memenuhi syarat tertentu.



"Untuk memenuhi persyaratan, IKM mampu tidak? Kan perlu izin, izinnya sendiri kadang-kadang dipersulit pemerintah daerah. Sekarang justru kita mau hapuskan masalah perizinan," ujar Gati.



Untuk itu, Gati meminta agar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, membatalkan kebijakan itu.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017