Pulau Rote (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dia sudah merasa lengkap melihat Indonesia saat menginjakkan kakinya di Pulau Rote, pulau paling selatan Indonesia yang berada di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

"Saya tiba kemarin di sini merasa lengkap sudah berkeliling Indonesia, karena sudah mengunjungi sejumlah daerah, di bagian paling barat Indonesia, Utara, Timur dan terakhir ini di selatannya Indonesia," kata Jokowi di Pulau Rote, Selasa.

Jokowi mengatakan bahwa selama tiga tahun lebih menjabat sebagai presiden ia telah mengunjungi daerah-daerah dari Sabang hingga Merauke, lalu Miangas serta Rote. Dia merasa menjadi presiden pertama yang mengunjungi pulau paling selatan Indonesia itu.

Bupati Rote Leonard Haning mengonfirmasinya. "Beliau adalah presiden pertama yang berkunjung ke pulau ini," katanya.

Jokowi berterima kasih kepada relawan Bara JP karena sudah mengelar Rakornas di Pulau Rote, yang membuat dia bisa mengunjungi pulau tersebut. Dia ingin selanjutnya pembangunan tidak hanya terkonsentrasi di wilayah Jawa, namun merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Oleh karena itu saya ingin berkunjung ke pulau-pulau terluar, ke daerah-daerah Timur untuk membangun infrastruktur serta perhubungan baik laut dan udaranya," tuturnya.

Di NTT saja, akan dibangun tujuh bendungan, satu di antaranya sudah akan diresmikan penggunaannya dan tiga lainnya dalam proses pengerjaan. Pemerintah juga membangun tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yakni  PLBN Mota Ain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, serta PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018