Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menanam 1 juta batang pohon karet merah atau "Ficus elastica" sebagai peringatan Hari Sejuta Pohon Sedunia 2018.

"Sebanyak 150 ribu batang sudah ditanam dan target 1 juta batang akan direalisasikan dalam tahun ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, Agus Priambudi di Bengkulu, Rabu.

Saat peluncuran penanaman satu juta batang pohon karet merah di Kelurahan Simpang Kandis Kota Bengkulu, Agus mengatakan penanaman pohon itu bekerja sama dengan anggota Perkumpuhan Hijau Indonesia.

Pohon karet merah menurut dia selain efektif untuk menyerap karbon, menghasilkan oksigen, juga memiliki beragam manfaat lain.

"Penanaman ini bertujuan melestarikan lingkungan agar dapat berdampak positif untuk berbagai sektor, termasuk pariwisata," ucapnya.

Menurut dia, lingkungan yang asri, bersih dan sehat akan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan tahun kunjungan wisata ke Bengkulu pada 2020 atau "Visit Wonderful Bengkulu 2020".

Lewat penanaman pohon bersama komunitas ini, Agus berharap penghijauan menjadi bagian dari budaya masyarakat Bengkulu.

Ia pun berpesan, pembangunan daerah tidak mengorbankan kawasan-kawasan lindung tapi menyelaraskan pembangunan ekonomi dan lingkungan hidup masyarakat.

Ketua Perkumpulan Hijau atau Green Indonesia Suharman mengatakan pohon karet merah itu akan ditanam di wilayah pesisir, daerah aliran sungai dan ruang publik.

"Kami bekerja sama dengan kelompok tani yang sudah bergabung dengan komunitas untuk mempercepat realisasi satu juga batang pohon karet merah," tuturnya.

Pewarta: Helti Marini S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018