Jakarta (ANTARA News) - Dua hari setelah pemberdayaan perempuan mendominasi perbincangan di Golden Globes yang diwarnai nuansa hitam, gerakan Time's Up dan #MeToo masih ada di benak para bintang di National Board of Review Award. 

Para aktor dan sineas berkumpul dalam perayaan itu, di antara dari mereka ada Tom Hanks, Angelina Jolie, Jordan Peele dan Meryl Streep yang memanfaatkan kesempatan saat menerima penghargaan aktris terbaik berkat film "The Post" garapan Steven Spielberg untuk menghormati baik itu perempuan maupun laki-laki.

"Saya cinta laki-laki," kata Streep.

"Ya, saya tahu ini adalah tahun wanita dan segalanya, tapi semua mentor saya adalah laki-laki," termasuk pendiri Public Theater Joseph Papp dan sutradara Mike Nichols serta Alan Pakula.

"The Post", yang juga membawa pulang penghargaan film dan aktor terbaik (Tom Hanks), mengisahkan keputusan Washington Post pada 1971 untuk menerbitkan Pentagon Papers, yang dipimpin oleh penerbit Katharine Graham dan editor Ben Bradlee.

"Film kami, dalam momen yang sangat menyedihkan ini, adalah tentang situasi kerja terbaik antara pria dan wanita - di mana rasa hormat dan pengabdian pada pekerjaan sangat penting," lanjut Streep. "Sejujurnya, dalam 40 tahun saya membuat film, itu adalah hal yang saya alami setiap saat."

Cerita tentang perempuan mendapat penghormatan di tempat ini, yang pemenangnya sudah diumumkan pada November lalu. Greta Gerwig "Lady Bird" dinobatkan jadi sutradara terbaik, sementara sutradara "Wonder Woman" Patty Jenkins dan aktris Gal Gadot menadapat Spotlight Award untuk pencapaian film pahlawan super, dengan pendapatan 821,8 juta dolar AS dari penjuru dunia serta ulasan-ulasan yang positif.

Sebelumnya, Jenkins memuji Barbra Streisand dan Natalie Portman saat berada di karpet merah, keduanya meminta agar ada lebih banyak sutradara perempuan saat di Golden Globes.

Bicara pada USA Today, Jenkins mengatakan supaya ada lebih banyak perempuan di balik layar Hollywood, orang harus bicara apa yang mereka pikirkan.

"Tentu saja, ada yang aneh. Perempuan membuat film-film sukses sepanjang waktu, dan mereka jarang dihargai sebagai sutradara. Jelas, perhatian orang harus dibawa ke situ."

Julianna Margulies "The Good Wife", yang memberikan penghargaan itu pada Gadot dan Jenkins, juga menyatakan hal senada.

"Sutradara perempuan tidaklah sedikit, yang sedikit itu kesempatan mempekerjakan sutradara perempuan, dan saya kira itu akan berubah," kata Margulies pada USA Today.

"Saya kira semua akan berubah. Semua orang akan berpikir ini saat yang tepat untuk menghapus kabut dari kacamata mereka semua, karena kita akan menyelesaikan apa yang kita mulai."

Berikut adalah daftar pemenang National Board of Review:

Film terbaik: The Post

Sutradara: Greta Gerwig, Lady Bird


Aktor: Tom Hanks, The Post


Aktris: Meryl Streep, The Post


Aktor pendukung: Willem Dafoe, The Florida Project


Aktris pendukung: Laurie Metcalf, Lady Bird


Skenario original: Paul Thomas Anderson, Phantom Thread


Skenario adaptasi: Scott Neustadter and Michael H. Weber, The Disaster Artist


Film animasi: Coco


Breakthrough performance: Timothée Chalamet, Call Me By Your Name


Debut penyutradaraan: Jordan Peele, Get Out


Film bahasa asing:Foxtrot


Dokumenter: Jane


Ensemble: Get Out


Spotlight Award: Patty Jenkins dan Gal Gadot, Wonder Woman


NBR Freedom of Expression Award: Angelina Jolie dan Loung Ung, First They Killed My Father; John Ridley, Let It Fall: Los Angeles 1982-1992

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018