Berlin (ANTARA News) - Jerman akan membatasi jumlah kedatangan pencari suaka menjadi sekitar 200.000 setiap tahun di bawah sebuah rancangan perjanjian koalisi, yang ditandatangani pada Jumat (12/1) dalam perundingan maraton antara dua partai terbesar di Jerman.

"Kami menentukan bahwa jumlah kedatangan baru… tidak boleh melebihi kisaran 180.000 sampai 220.000 per tahun," menurut sebuah salinan dokumen yang disetujui partai konservatif Kanselir Jerman Angela Merkel dan Demokrat Sosial, yang dilihat AFP.

Mengenai masalah sensitif tentang reuni keluarga bagi pencari suaka yang diberi suaka sementara, perjanjian awal itu menyebutkan larangan saat ini harus dilonggarkan.

Perjanjian tersebut meminta parlemen mengesahkan sebuah undang-undang pada akhir Juli yang mengizinkan 1.000 anggota keluarga per bulan untuk datang ke Jerman.

Merkel sudah lama menolak batas maksimal yang ketat untuk pencari suaka yang datang ke negaranya, seperti yang diminta partai Christian Social Union.

Namun, setelah memenangkan pemilu dengan mayoritas yang berkurang pada September, dia setuju dengan batas lunak untuk penerimaan pengungsi di Jerman, sebagai upaya untuk menghentikan pertengkaran di internal partainya, demikian laporan AFP. (mu)




Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018