Karawang (ANTARA News) - Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menembak mati seorang pelaku pencurian dengan kekerasan atau begal yang biasa beraksi di Karawang dengan membawa senjata tajam jenis golok.

"Pelaku berinisial Ap alias Dugul ini sering beraksi di jalan Lingkar Luar Karawang dan wilayah perkotaan Karawang," kata Kapolres setempat AKBP Hendy F Kurniawan, di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan, penembakan terhadap pelaku begal itu merupakan bagian dari tindakan tegas terukur terhadap pelaku pencurian dengan kekerasan tersebut.

Pada saat penangkapan terhadap jaringan begal ini sebenarnya sebanyak enam orang dan satu orang berhasil dilumpuhkan dengan tindakan tegas terukur. Tindakan itu dilakukan karena pelaku melakukan perlawanan saat ditangkap.

"Pelaku berusaha untuk melawan dengan menggunakan sebilah golok untuk melukai anggota. Jadi pelaku dilumpuhkan," katanya.

Untuk pelaku lainnya yang belum tertangkap, kini masih dilakukan pengejaran.

Menurut Kapolres, pelaku sering kali melancarkan aksinya di jalan Lingkar Luar Karawang dengan menggunakan sepeda motor, kemudian mencegat dan mengancam korbannya dengan sebilah golok.

"Pelaku Ap ini sudah melancarkan aksinya di enam lokasi berbeda dengan modus memepet korban, kemudian mengancam korban dengan menggunakan sebilah golok dan tidak segan-segan melukai korbannya," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018