Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengunjungi keluarga almarhum Sys NS di Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, untuk memberikan ucapan belasungkawa atau bertakziah untuk mendiang artis yang juga politisi itu.

Presiden ditemani Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Mereka menemui istri almarhum Sys NS, Shanty Whidianty, ketiga putra putri dan cucu lelaki mereka, Srestha.

Kunjungan itu dilakukan Presiden setelah menghadiri Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia. Presiden tiba sekitar pukul 10.30 WIB dan berada di sana selama sekitar 15 menit.

Baca juga: Presiden tidak tersinggung dengan aksi BEM UI

Seniman bernama lengkap Haryo Heroe Syswanto Ns Sorio Soebagio itu meninggal dunia pada 23 Januari 2018 di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, pada usia 61 tahun.

Sys NS dikenal sebagai aktor, sutradara, dan penyiar radio dan menjadi salah satu deklarator Partai Demokrat pada 2001. Sys lalu mulai banyak menemukan ketidakcocokan visi dan misi dengan para elite Partai Demokrat sehingga memutuskan keluar dari partai itu pada 2005.

Ia kemudian mendirikan Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan selanjutnya berubah menjadi Partai Nusantara Kedaulatan Rakyat Indonesia pada 2006.

Partai ini tidak lulus verifikasi faktual untuk ikut Pemilu 2009. Sys NS lalu muncul saat Pilkada DKI Jakarta 2017 untuk mendukung pasangan Ahok-Djarot.

Baca juga: Jokowi ucapkan terima kasih lulusan UI banyak jadi menteri


Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018