Padang, Sumatera Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan.

"Nanti revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya, juga diseluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang, Jumat.

Presiden juga melihat keindahan alam Desa Paringan, Kabupaten Tanah Datar, sebagai potensi industri pariwisata.

"Sekalian saya tugaskan, selain yang ada di Solok Selatan, di desa yang tadi pagi untuk bisa diselesaikan tahun ini. Landscape, restorasi rumah-rumah yang ada, sehingga akan menambah cantik rumah ada yang ada di Solok Selatan maupun Paringan tadi," katanya.

Kepala Negara juga menuturkan kekagumannya pada keindahan rumah gadang saat dia pertama kali melihatnya di Solok Selatan tahun 1983.

"Jadi saya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan, kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali," kata Presiden, yang pagi ini mengunjungi Desa Terindah di Tanah Datar.

Selama di Padang, Presiden juga shalat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat sebelum mengunjungi Universitas Negeri Padang untuk bersilaturahim dengan para akademisi.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018