Jakarta (ANTARA News) - DPW Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) mendorong program "OK OCE" (One Kecamatan, One Centre of Entrepreneurship) Pemprov DKI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Dr Ahmad Najid yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) ISKINDO DKI-Banten seusai audiensi dengan Wagub DKI Sandiaga S Uno menyampaikan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir menjadi keharusan langkah awal dalam membangunan sektor kelautan khususnya di Jakarta.

"Untuk itu, kebijakan yang diterapkan pemerintah seharusnya lebih berpihak lagi pada pemangku kepentingan di wilayah pesisir," kata Najid di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, pembangunan sektor kelautan merupakan salah satu modal besar, sehingga perlu dikelola secara terpadu dan berkelanjutan dengan sistem kebijakan yang memadai.

"Sektor kelautan juga membuka peluang bagi masyarakat menuju persaingan ekonomi global," katanya.

Menurut Najid, masalah kemiskinan di masyarakat pesisir bukanlah pekerjaan yang mudah dituntaskan, karena membutuhkan komitmen bersama baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat itu sendiri.

"Jika semua stakeholder yang ada memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di kawasan pesisir, setiap program yang ada akan berjalan dengan baik," tegasnya.

Najid mengharapkan program "OK OCE" (One Kecamatan, One Centre of Entrepreneurship) yang telah dicanangkan oleh Pemprov DKI, kedepannya lebih menyisir masyarakat khususnya di pesisir dan Kepulauan Seribu.

"Dengan demikian program yang dijalankan tentu akan memberikan manfaat bagi masyarakat terutama peningkatan kesejahteraan sehingga mampu mengangkat mereka mereka dari belenggu kemiskinan," tandasnya.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018