Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Taspen (Persero) bersinergi mengimplementasikan transformasi layanan digital berbasis teknologi informasi dalam memberikan pelayanan pembayaran pensiun.

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan antara Direktur Utama BRI Suprajarto dan Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di Jakarta, Selasa.

Digitalisasi layanan pembayaran pensiun merupakan layanan terintegrasi yang dilengkapi dengan "Taspen Smart Card" yang berfungsi sebagai kartu identitas pensiun berbasis data biometrik.

Melalui kerja sama ini, Bank BRI akan meluncurkan Taspen Smart Card yang berfungsi sebagai kartu ATM dan Debit dengan manfaat tambahan sebagai kartu multi fungsi di mana peserta pensiun diberikan kemudahan kemudahan seperti program diskon/potongan harga di beberapa merchant kerja sama.

Implementasi digitalisasi layanan pembayaran pensiun?juga mampu memberikan data pensiunan yang lebih valid, serta memberikan kemudahan kepada seluruh peserta pensiun Taspen dalam melakukan proses otentikasi. Peserta pensiun tidak perlu lagi harus datang ke Kantor Cabang BRI dalam melakukan proses otentikasi.

"Sinergi ini merupakan bentuk dukungan Bank BRI kepada Taspen dalam kaitannya pembayaran pensiun dengan pemanfaatan teknologi (digitalisasi) sehingga mempercepat dan mempermudah para pensiunan menerima pensiunnya," ujar Suprajarto

Sebagai mitra strategis, Bank BRI menyalurkan pembayaran pensiun kepada lebih dari 900.000 peserta pensiun setiap bulan.

Ke depan, Bank BRI berkomitmen memberikan layanan yang prima dan berkualitas kepada seluruh peserta pensiun, dengan didukung 329.654 e-channel dan 10.646 unit kerja yang terbesar dan tersebar di seluruh wilayah tanah air.

Sementara itu, Dirut Taspen Iqbal Latanro mengatakan digitalisasi pelayanan meliputi pembayaran Tabungan Hari Tua, pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian melalui rekening bank.

Mulai April 2018, peserta aktif maupun pensiunan akan melakukan pendaftaran dengan perekaman biometrik (sidik jari, wajah dan suara).

Dari total 48 mitra bayar, BRI merupakan bank plat merah dengan jumlah peserta Taspen terbanyak yang menjadi nasabahnya. Dari 6,7 juta peserta Taspen, sekitar 900.000 peserta merupakan nasabah BRI dengan total dana kelolaan sebanyak Rp2,14 triliun.

"Diharapkan, sinergi antar BUMN dapat terus berlanjut dan menguntungkan kedua belah pihak," ujarnya Iqbal.

Selain itu, harapan dengan adanya perjanjian kerja sama ini antara lain mewujudkan pelayanan prima kepada peserta melalui prinsip 5T (Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi).

Baca juga: Polisi dan BRI cek ATM antisipasi skimming

Baca juga: Dirut BRI: suku bunga acuan tetap sinyal positif bagi perbankan

Baca juga: Genjot KPR Bank BTN bidik peserta Taspen

Baca juga: Taspen Life bidik pendapatan premi Rp692,34 miliar pada 2018

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018