Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo mengatakan jalan tol Bogor Outer Ring Road atau BORR seksi IIB sudah rampung dibangun sehingga siap digunakan dan tinggal menunggu diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Jalan tol seksi IIB ini telah selesai dan sudah bisa dipakai, tinggal diresmikan," kata Hendro usia Bogor Running Race BORR 10K, Minggu.

Menurut Hendro, BORR seksi IIB akan diresmikan pertengahan bulan ini oleh Presiden Joko Widodo atau Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tol BORR seksi IIB adalah kelanjutan dari seksi IA Sentul-Kedung Badang. Seksi II B memiliki panjang 2,65 km menghubungkan Kedung Badak-Yasmin. Total panjang tol BORR adalah 11 km, tetapi baru selesai 8 km.

Saat ini Marga Sarana Jabar menunggu sertifikasi laik operasi, yang dinilai oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Polri.

"Untuk konstruksi sudah dites beban tanggal 4 Maret lalu, dan dinyatakan lolos, tinggal sertifikasi laik operasi," kata dia.

Sertifikasi laik operasi dijadwalkan berlangsung pada 6 atau 7 April. Butuh waktu dua sampai satu bulan untuk mengetahui hasilnya.

Sertifikasi laik operasi ini meliputi kondisi aspal, rambu dan lampu penerang jalan serta marka jalan yang seluruhnya telah siap dipakai.

"Pengecekan ini supaya benar-benar pemakai jalan ini selamat berkendara," kata Hendro. "Setelah BORR seksi IIB diresmikan, kami akan mulai dengan pembebasan tahan untuk seksi III A di bulan Mei nanti, pekerjaan fisik dijadwalkan bulan Juli."
 

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018