Jakarta (ANTARA News) - Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur), menggelar rapat kerja guna membahas sejumlah program kerja strategis bersama guna di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

Rapat tersebut antara lain membahas dan mencari solusi sejumlah permasalahan mendasar yang dihadapi bersama sembilan kabupaten dan kota yang terlibat dalam BKSP Jabodetabekjur, yakni banjir, kemacetan, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah dan ketahanan pangan.

"BKSP Jabodetabekjur telah melakukan kajian dan pencarian solusi program pembangunan yang menjadi prioritas, utama karena menyangkut kepentingan bersama. Berdasarkan permasalahan mendasar dari sembilan Kabupaten/Kota anggota BKSP Jabodetabekjur," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, selaku Ketua BKSP Jabodetabekjur.

Sejumlah solusi atas permasalahan atau kebutuhan mendasar yang dihadapi tiap wilayah dibahas lebih dalam pada rapat kerja tersebut, seperti normalisasi daerah aliran sungai untuk menangani banjir, peningkatan jalan lintas batas untuk menangani kemacetan.

"Serta pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) untuk menangani sampah, pembangunan waduk untuk penyediaan air bersih, tiket terusan yang terpadu untuk pembenahan transportasi dan pembangunan sistem distribusi pangan untuk ketahanan pangan," kata Anies.

Baca juga: Usulan Pemkot Tangerang pada Anies Baswedan selaku kepala BKSP Jabodetabekjur

Baca juga: Banten-DKI-Jabar siap perkuat kerja sama BKSP Jabodetabekjur


Rapat kerja tersebut juga menyusun penguatan dan peran kelembagaan BKSP Jabodetabekjur, khususnya terkait keberadaan Sekretariat BKSP Jabodetabekjur sebagai motor penggerak yang memegang peranan penting dalam mewujudkan komunikasi efektif antar pemerintah daerah.

"Selain itu, jabatan Sekretaris BKSP Jabodetabekjur adalah jabatan yang sangat strategis di dalam lembaga, untuk itu diperlukan suatu sinergi sehingga tujuan pokok dan fungsi BKSP Jabodetabekjur dapat terwujud," kata Gubernur.

Yurisdiksi BKSP Jabodetabekjur meliputi wilayah tiga provinsi, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten dan sembilan kabupaten/kota, yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kabupaten Cianjur.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018