Washington (ANTARA News) - NBA pada Selasa menjatuhkan putusan skors untuk mengakhiri musim seorang pemain, dan menunda dimulainya pertandingan pemain yang lain.

Liga bola basket Amerika itu mengumumkan bahwa pemain Dallas Mavericks Nerlens Noel dan pemain Utah Jazz Thabo Sefolosha, masing-masing telah dijatuhi hukuman skors lima pertandingan tanpa membayar masing-masing atas "pelanggaran ketentuan Program Anti Narkoba NBA (NBPA)." Menurut beberapa laporan, pelanggaran berasal dari penggunaan mariyuana.

Dengan Mavericks hanya memiliki lima pertandingan tersisa di musim mereka dan dipastikan menjadi tereliminasi untuk musim depan, skors itu mengakhiri musim Noel.

Pemain berusia 23 tahun itu rata-rata hanya mencetak 4,4 poin per game musim ini, musim penuh pertamanya di Dallas. Noel juga mencatatkan sejumlah hal buruk dalam karir untuk berbagai kategori lain.

Ia bermain dalam 30 pertandingan musim ini, dan masuk dalam susunan pemain awal. Ia bakal menjadi pebasket agen bebas musim panas ini setelah menolak kontrak berdurasi empat tahun senilai 70 juta dolar AS musim panas lalu dan kemudian menandatangani kontrak satu tahun seharga 4,19 juta dolar AS untuk penawaran kualifikasi.

Sefolosha, 33, belum bermain sejak 12 Januari karena cedera MCL di lutut kanan yang membutuhkan operasi dan sekaligus mengakhiri musimnya.

Penangguhannya itu "akan dimulai untuk pertandingan reguler atau pertandingan "playoff" NBA berikutnya memenuhi syarat dan secara fisik dapat bermain," menurut rilis NBA.

Sefolosha bermain dalam 38 pertandingan di musim pertamanya di Utah. Dia rata-rata mencetak 8,2 poin per game, dengan rata-rata 4,2 rebound dan 1,4 steal dalam 21,2 menit per game.

Gaji Sefolosha sebesar 5.2 juta dolar AS untuk musim depan dilaporkan tidak dijamin, tetapi semuanya akan dijamin sepenuhnya jika dia bisa terbebaskan sebelum 1 Juli.

(Uu.D011/T004)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018