Menpora ajak pengusaha lokal kuatkan industri olahraga

Menpora ajak pengusaha lokal kuatkan industri olahraga

Menpora Imam Nahrawi (kiri), Ketua INASGOC Erick Thohir (kanan). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Tangerang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak pengusaha lokal untuk terlibat langsung dan menguatkan industri olahraga nasional yang saat ini mulai menggeliat di tengah dominasi pihak asing.

Pernyataan orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga ini disampaikan di sela pembukaan Indonesia Sport Expo & Forum (ISEF) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu.

"Sudah saatnya produk lokal dibranding dengan baik. Kita tahu secara kualitas kita tidak kalah dengan produk luar. Makanya kami harapkan semua pengusaha lokal terlibat langsung dalam industri olahraga yang saat ini sedang berkembang," kata Menpora Imam Nahrawi.

Melalui ISEF, kata dia, diharapkan pengusaha lokal yang bergerak dalam industri olahraga bisa terlibat secara langsung karena melalui pameran, banyak pihak bisa lebih mengenal produk yang selama ini mampu diciptakan oleh pengusaha Indonesia.

"Pameran seperti ini jangan hanya setahun sekali. Harusnya bisa lebih. Kami akan terus mengawal kegiatan seperti ini," kata pria kelahiran Bangkalan, Madura itu.

Pada pameran ISEF, Kemenpora melalui Deputi V Bidang Peningkatan Prestasi juga terlibat langsung dalam pameran. Selain itu pameran ini juga melibatkan vendor lokal seperti pengusaha di bidang apparel produk dari tim Persebaya, Persija Jakarta melalui Specs hingga Supriors yang digunakan PSIS Semarang.

Menpora dalam kesempatan tersebut juga mencoba bomerang produk asli Tangerang, Banten. Olahraga tersebut saat ini menjadi anggota Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI)

Sementara itu, Direktut PT Expotama Sinergi Raditia Zahir Ahmad selaku penyelenggara kegiatan mengatakan pameran dan forum yang digelar merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap perkembangan industri olahraga di Indonesia. Hal ini karena pentingnya performa atlet untuk menciptakan prestasi yang baik harus didukung fasilitas olahraga yang layak.

"Pertumbuhan industri olahraga tentunya akan memunculkan industri kreatif dalam penyediaan sarana dan prasarana olahraga sehingga menumbuhkan daya saing baik industri lokal maupun internasional," katanya.

Selain pameran dan forum, ISEF juga digunakan oleh INAPGOC untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan Asian Paragames 2018 di Jakarta, 6-13 Oktober 2018.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar