Palembang (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Pelaksana tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau Venue Boling Center di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang yang akan digunakan untuk Asian Games Agustus 2018 nanti.

"Saya sangat senang ternyata venue boling ini sudah dites pada kejurnas berarti sudah bisa dimanfaatkan untuk Asian Games pada Agustus mendatang," kata Rini didampingi pelaksana tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Palembang, Jumat.

Menurut dia, Pertamina yang menyediakan peralatan semua di dalam, karena peralatan boling ini cukup mahal dan peralatan ini terbaik dan termodern. "Insya Allah akan memberikan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia," katanya.

PT Pertamina (Persero) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), turut berkontribusi sebesar Rp42 miliar untuk membangun salah satu lintasan dan mesin boling berstandar internasional untuk digunakan dalam pertandingan boling saat pelaksanaan Asian Games Agustus nanti.

"Kita harus bangga Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, dan boling menjadi salah satu bidang olahraga yang dipertandingkan. Hari ini kami melihat langsung kesiapan seluruh fasilitas boling, saya kira fasilitasnya sudah cukup siap untuk digunakan ketika Asian Games dan tentunya kita berharap untuk kesuksesan Indonesia," ujar Nicke Widyawati.

Seluruh fasilitas lintasan dan mesin boling ini tiba dan selesai dipasang di Venue Bowling Center pada Januari 2018. Sebanyak 40 lintasan boling juga telah disertifikasi oleh Persatuan Boling Indonesia untuk nasional dan Asian Bowling Federation untuk sertifikasi internasional.

Uji coba test event juga sudah dilakukan pada akhir Februari 2018 yang mempertandingkan atlet boling dari berbagai provinsi di Indonesia.

Selain melihat kesiapan venue dan seluruh fasilitas boling, rombongan juga turut menyempatkan diri untuk mengunjungi stand Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mitra binaan Pertamina di Region Sumbagsel.

Mitra binaan yang hadir pada kesempatan kali ini menampilkan produk kain dan aksesoris berbahan songket, kain songket, kain Jumputan khas Palembang, dan juga makanan olahan dari binaan Jamur Pedado.

Pada kunjungannya ke Palembang ini Pertamina Sumbagsel juga memberikan bantuan secara simbolis kepada Pondok Pesantren Darul At-Tauhid secara simbolis oleh Rini Soemarno didampingi oleh Nicke Widyawati.

Bantuan ini diberikan Pertamina dalam bentuk pembangunan tiga lokal ruang belajar dan asrama serta 80 paket perlengkapan belajar bagi anak asuh Pondok Pesantren Darul At-Tauhid.

Nicke berharap, dengan adanya ruang belajar, ruang asrama, dan perlengkapan belajar, anak asuh di Ponpes Darul At-Tauhid bisa memanfaatkannya untuk berkegiatan saat Bulan Ramadhan nanti.

Pewarta: Susilawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018