AsiaNet 73746

LINXIA, Tiongkok, 29 Mei 2018 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Sebagaimana dituturkan sebuah puisi, sementara bunga-bunga biasa layu pada bulan April, bunga peony di pegunungan baru saja bermekaran. Para bulan Mei, berbagai bunga peony rockii bersemi di Prefektur Otonom Linxia Hui, Provinsi Gansu. Setelah berupaya selama dua tahun, tur bunga peony di Prefektur Otonom Gansu Linxia Hui mulai terwujud. Mei ini merupakan "bulan peony" pertama Linxia. Bunga peony rockii tumbuh di sepanjang Binhe Road di Linxia, membentuk jalur bunga peony sejauh 60 mil. Statistik awal dari Linxia Tourism Bureau menunjukkan bahwa mulai tanggal 1 hingga 24 Mei, Linxia telah dikunjungi sekira dua juta wisatawan. Dengan berjalan mengitari taman tersebut, kita bisa menikmati pesona puisi kuno yang berbunyi "Rumah Huang Si Niang penuh dengan bunga yang sangat padat".

Bunga peony memiliki banyak khasiat. Akar dan kulitnya bisa digunakan sebagai obat. Peony rockii juga merupakan tanaman minyak kayu yang bisa disuling. Selain itu, kita bisa membuat teh dari putik dan benang sari, kelopak, serta tunas daun peony.

Desa Wangping adalah satu-satunya desa miskin di pegunungan Linxia. Desa ini sekarang telah menanam lebih dari 170 mu peony dan dikenal sebagai "desa peony pertama di Hezhou". Sekitar 172 dari ke-252 rumah tangga desa itu adalah keluarga miskin pada tahun 2013, tetapi jumlahnya berkurang menjadi enam pada akhir tahun 2017. Sekarang desa tersebut telah mendirikan koperasi perkebunan peony minyak. Menurut perhitungan penduduk desa, menanam gandum hanya menghasilkan sedikit uang, tetapi menanam bibit peony, dengan sekali siklus lima tahun, menghemat tenaga kerja dan petaninya bisa meraup lebih dari 100.000 yuan per mu.

He Shenghong, yang juga dikenal sebagai "Raja Peony" Linxia, adalah pelopor industri peony di Desa Wangping. Ia tak hanya mengedarkan lahan untuk pembibitan, tapi juga mengembangkan produk teh peony dan alkohol dari peony. Teh benang sari peony dijual per gram, yang bisa dijual dengan harga hampir 10.000 yuan per 500 gram. Pengentasan kemiskinan di wilayah barat laut bagaikan peony rockii, yang suatu saat akan mekar meskipun terlambat, katanya.

Sumber: Linxia Tourism Bureau

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=313135
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=313136

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018