Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, dan Aburizal Bakrie mengharapkan tahun politik menjelang pemilihan presiden 2019 berlangsung dengan damai dan berkualitas.

"Kami di MPR, saat ini, apalagi dalam konteks tahun politik mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjalani tahun politik dengan damai, berkualitas, sehat dan bermartabat. Pak Aburizal ini sangat mendukung tahun politik yang berkualitas, dukung-mendukung boleh beda tapi merah-putih sama,” kata Hasan, saat berkunjung ke rumah Aburizal, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa ini. 

Ketika disinggung mengenai perbedaan dukungan di kalangan umum, dia berpendapat hal ini biasa terjadi dan merupakan perwujudan demokrasi, selama tidak menimbulkan kegaduhan.

Menurut dia, hal yang perlu diketahui masyarakat adalah bahwa calon yang masuk ke bursa pemilihan, baik pemilihan kepala daerah, legislatif hingga presiden merupakan kader terbaik bangsa.

"Maka, biarlah mereka berpikir bagaimana membuat negeri ini maju, rakyat sejahtera. Kita, para pemilih, pilih lah sesuai pilihan kita, dengan damai dan berkualitas tanpa ada pemaksaan yang berujung gaduh," kata dia.

"Upayakanlah agar demokrasi ini berjalan baik dan berkulitas, supaya ke depannya, politik kita semakin bagus sehingga pemimpin yang terpilih akan semaksimal mungkin membangun bangsa ini agar setara dengan bangsa-bangsa maju lainnya,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Aburizal Bakrie menegaskan, dia sangat mendukung berjalannya tahun politik yang damai, tidak gaduh dan berkualitas serta sehat.  

"Jangan sampai tahun politik malah menambah masalah di masyarakat dengan terkotak-kotaknya rakyat karena beda pilihan misalnya,” kata dia.

Berbicara soal bursa calon presiden-wakil presiden, ARB mengatakan, sebagai negara demokrasi semua warga negara berhak dipilih dan memilih, termasuk dalam bursa pemilu.

“Jika Pak Zulhasan maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden, ya menurut saya bagus-bagus saja.  Saya mengenal beliau sangat baik, pas jika beliau mencalonkan diri. Saya melihat Pak Zulhasan makin matang apalagi selama menjadi ketua MPR, kenegarawanannya sangat terlihat," kata dia.  

"Pak Zulhasan juga saya lihat sangat terkenal dengan kuatnya prinsip mari kita berdamai dan bersatu semuanya demi bangsa, saya rasa beliau sangat baik sebagai calon presiden-calon wakil presiden,” katanya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018