Cirebon (ANTARA News) - Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan wilayah Cirebon, Jawa Barat, akan diguyur hujan selama tiga hari kedepan, ini disebabkan adanya gangguan cuaca berupa sirkulasi Eddy.

"Di wilayah Cirebon hujan akan terjdi selama tiga hari kedapan, karena adanya gangguan cuaca berupa sirkulasi Eddy," kata Faa Iziyn saat dihubungi melalui telephon seluler, Senin.

Gangguan cuaca berupa sirkulasi Eddy kata Faa Izyin, terjadi di kawasan Kalimantan, namun ini menyebabkan wilayah Cirebon dan Jabar umumnya terdampak dengan adanya gangguan cuaca itu.

Dimana gangguan cuaca itu jelas Faa Iziyn, menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin dan didukung oleh kelembaban udara lapisan atas yang tinggi.

"Sehingga terbentuk awan-awan hujan yang merata di Jawa Barat, meskipun saat ini wilayah Jabar sudah masuk musim kemarau," tuturnya.

Menurutnya wilayah Cirebon yang terdiri dari Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan itu diguyur hujan pada pagi hari saja.

"Sedangkan untuk siang, malam dan dini hari diprakirakan hanya berawan saja," katanya.

Dan hujannya pun kata dia hanya dengan intensitas ringan, namun demikian masyarakat harus waspada selama adanya gangguan cuaca kali ini.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018