Padang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) pada empat kota di provinsi itu berjalan aman dan lancar.

"Tidak ada kendala yang berarti. Semua aman terkendali," katanya usai melaksanakan sambungan video jarak jauh dengan tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di kantor gubernur, Kota Padang, Rabu.

Kegiatan itu juga dihadiri perwakilan Polda Sumbar dan Dinas Kesbangpolinmas setempat.

Persoalan yang agak menonjol adalah pemindahan beberapa TPS di Sawahlunto karena hujan lebat mengguyur kota itu sejak Selasa malam.

Pemindahan itu dikawal pihak keamanan, KPU dan Panitia Pengawas Pemilu setempat dan berlangsung dengan baik.

Selain itu pelaksanaan pada empat kota masing-masing Padang, Pariaman, Padangpanjang dan Sawahlunto relatif aman dan lancar.

Nasrul juga berharap hasil Pilkada tersebut nantinya, kalah atau menang, bisa diterima dengan lapang dada oleh semua pihak.

"Pasangan yang menang dan kalah harus memberikan teladan pada masyarakat agar tidak terjadi perpecahan," katanya.

Jika memang ada celah persoalan hukum lakukanlah dengan baik sesuai prosedur aturan hukum, ?sehingga tidak menimbulkan sikap onar yang merusak dan meresahkan masyarakat.?

"Mari kita ciptakan rasa aman, damai dan nyaman baik dalam masa pilkada maupun masa pasca pemungutan suara. Yang terpilih merupakan amanah rakyat yang mesti dipertanggungjawabkan dengan kerja dan ketekunan diri memajukan pembangunan daerah yang dipimpin nantinya," ujarnya.

Pilkada di Sumbar melibatkan empat kota dengan 12 pasang calon kepala daerah.

Mereka masing-masing Pilkada Padang, Emzalmi-Desri Ayunda yang diusung tujuh partai dan pasangan nomor urut dua Mahyeldi-Hendri Septa diusung dua partai.

Pilkada Pariaman tiga pasang kandidat yaitu Genius Umar- Mardison Mahyuddin, Mahyuddin-M Ridwan serta Dewi Fitri-Pabrisal.

Pilkada Padang Panjang dengan empat pasang calon yaitu Hendri Arnis-Eko Furqani, Mawardi-Taufik Idris, Rafdi Meri-Ahmad Fadly dan Fadly Amran-Asrul.

Sedangkan di kota Arang Sawahlunto memilih tiga pasang calon yaitu Ali Yusuf-Ismet Deri Asta-Zohirin Sayuti dan Fauzi Hasan-Dasrial Ery.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018