Jakarta (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan menggelar "Fun Run" di dua kota utama perhelatan Asian Games 2018, Jakarta dan Palembang untuk mendemamkan pesta olahraga terbesar se-Asia ini di Indonesia secara umum.

"Fun Run" di Jakarta dan Palembang ini merupakan perhelatan ke-27 di mana sebelumnya telah digelar perhelatan serupa di kota-kota di 22 negara Asia.

"Tapi 'fun run' ini yang meriah karena melibatkan dua kota," ujar Ketua KOI Erick Thohir di Jakarta, Kamis.

"Fun Run" ini sendiri, lanjut Erick, bertujuan besar dalam tiga hal yakni pelibatan masyarakat demi mempromosikan Asian Games 2018; memperkenalkan tim Indonesia pada masyarakat; serta memperkenalkan arena-arena (venue) Asian Games pada masyarakat.

Pasalnya, kegiatan yang rencananya diikuti ribuan peserta tersebut direncanakan akan mengelilingi kompleks-kompleks olahraga di Gelora Bung Karno dan kompleks Jaka Baring.

Senada dengan Ketua KOI, Ketua Kontingen (Chief de Mission/CdM) Asian Games 2018 Indonesia Wakapolri Komjen Pol Syafruddin yang menyatakan "Fun Run" di Indonesia ini akan meriah, terutama karena waktu perhelatannya pada 1 Juli 2018 bertepatan dengan hari ulang tahun korps Kepolisian Republik Indonesia.

"Kegiatan memang akan terpusat di dua kota yakni Jakarta dan Palembang, tapi Polri akan melaksanakannya di seluruh Indonesia. Kalau di Jakarta, akan digelar di Monas dan dilepas Pak Kapolri. Jadi, Fun Run kali ini akan sangat meriah karena serentak di seluruh Indonesia," ucap Syafruddin.

"Fun Run" di Jakarta, akan mengambil rute mengelilingi kompeks GBK yakni mengawali start di Plaza Barat, menuju Pintu Satu, melintasi Jl. Jenderal Sudirman, dan kembali memasuki kompeks GBK serta melintasi venue atletik Asian Games. Setelah itu, para peserta akan berlari melewati Jl. Gerbang Pemuda dan masuk kembali ke Plaza Barat.

"Jaraknya kurang lebih lima kilometer," ujar Ketua KOI Erick Thohir.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018