Jember (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Jawa Timur membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat di sejumlah lokasi di kawasan kota pada Jumat sore, dalam upaya mengantisipasi abu vulkanik Gunung Agung di Bali yang diperkirakan mengarah ke barat mengikuti arah angin.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari BMKG menyebutkan abu vulkanik Gunung Agung terbawa angin yang mengarah ke arah barat dan barat daya Pulau Bali, bahkan hasil pantauan satelit juga menyebutkan abu vulkanik mengarah ke wilayah Jember," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo di Jember.

Menurutnya pihak BPBD Jember bergerak cepat dengan membagikan sekitar 10.000 masker kepada masyarakat di sejumlah titik keramaian seperti bundaran DPRD Jember dan bundaran Mastrip untuk mengantisipasi abu vulkanik tersebut mengguyur ke Jember.

"Memang hujan abu vulkanik sangat tipis sekali dan kadang-kadang tidak terlihat, namun kami imbau masyarakat menggunakan masker saat berada di luar rumah karena abu tersebut dapat membahayakan kesehatan," tuturnya.

Baca juga: Sebagian penumpang beralih ke Pelabuhan Gilimanuk setelah bandara ditutup

Sambil membagikan masker, lanjut dia, pihaknya juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang erupsi Gunung Agung yang mengarah ke Jember, sehingga informasi tersebut diharapkan dapat disampaikan kepada tetangga dan kerabat keluarganya.

"Banyak warga yang tidak tahu kalau abu vulkanik Gunung Agung terbawa angin mengarah ke Jember, sehingga kami imbau masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan," katanya.

Heru menjelaskan stok masker di gudang BPBD Jember masih cukup banyak, sehingga pihaknya terus memantau perkembangan aktivitas erupsi Gunung Agung yang mengeluarkan asap dan abu vulkanik yang terbawa angin.

Baca juga: Debu vulkanik Gunung Agung menyebar ke dua arah berbeda

Sementara salah seorang mahasiswa yang mendapatkan masker gratis dari BPBD Jember, Santi mengaku tidak tahu kalau erupsi Gunung Agung di Bali mengakibatkan abu vulkanik mengarah ke arah Jember.

"Saya tahu kalau Gunung Agung di Bali meletus, namun saya tidak tahu kalau abu vulkaniknya sampai ke Kabupaten Jember. Saya berterima kasih atas informasi dan masker yang diberikan BPBD Jember secara gratis," ujarnya.

Abu vulkanik Gunung Agung juga berdampak pada ditutup nya Bandara Notohadinegoro Jember, sehingga operasional dua pesawat yakni Garuda Indonesia dan Wings Air rute Jember-Surabaya PP dibatalkan.

Baca juga: Sejumlah wisatawan Solo batalkan perjalanan ke Bali

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018