Bogor (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Bogor, menyediakan layanan Mobil Curhat yang melayani konseling kesehatan dan gizi di pusat-pusat perbelanjaan, dengan menyasar pengunjung mall serta para pekerja.

"Selama tujuh hari ke depan, layanan Mobil Curhat akan hadir di tiap-tiap mall yang ada di Kota Bogor," kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Masyarakat, Dinkes Kota Bogor, Ika Listyaningrum, Senin.?

Ia mengatakan, kehadiran layanan Mobil Curhat di pusat-pusat perbelanjaan dalam rangka program "Mobi Curhat goes to the Mall" untuk memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536.

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 2 sampai 11 Juli. Hari pertama, mobil curhat hadir di Mall BTM, selanjutnya tanggal 3 Juli di Mall PGB, dan tanggal 4 Juli di Plaza Jambu Dua.

Berikutnya mobil curhat akan hadir pada tanggal 6 Juli di Giant Pajajaran, tanggal 9 Juli di Lippo Keboen Raya, tanggal 10 Juli di Transmart Yasmin, dan tanggal 11 Juli di Botani Square.

"Kebetulan momentumnya habis Lebaran, kita ingin mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, karena selama Ramadhan mobil curhat tidak beroperasi," katanya.

Ia mengatakan, mobil curhat menyediakan layanan pemeriksaan deteksi dan konseling penyakit tidak menular dengan pemeriksaan gula darah dan kolesterol.

Berikutnya, layanan deteksi dan konseling penyakit menular dengan pemeriksaan darah tes HIV, deteksi dan konseling gizi melalui pemeriksaan bodimass analyzer, dan deteksi konseling stress.

Layanan mobil curhat ini merupakan kerja sama Pemkot Bogor melalui Dinas Kesehatan dengan IPB yang sudah beroperasi sejak 2014 silam.

Mobil curhat merupakan terobosan bersama IPB dan pemerintah daerah untuk memberikan layanan konseling gratis bagi warga untuk mengatasi permasalah kesehatan dan gizi.

"Diharapkan hadirnya layanan ini menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan, mengurangi jumlah yang sakit, dan derajat kesehatan warga Kota Bogor meningkat," kata Ika.

Setiap harinya, layanan Mobil Curhat menyediakan kuota untuk 100 orang. Warga dapat mengakses layanan ini secara gratis.

(KR-LR/I006)

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018