Kupang (ANTARA News) - Kegiatan Parade 1.001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat tahun 2018 yang direncanakan digelar pada 5-12 Juli ditunda menjadi 7-14 Juli 2018.

Penundaan kegiatan tahunan itu karena bertepatan dengan pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Sumba Barat yang mulai digelar 4-5 Juli, kata Kepala Bidang Pemasaran dan Perencanaan Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Eden Klakik kepada Antara di Kupang, Selasa.

"Sebenarnya, seluruh persiapan pelaksanaan kegiatan parade kuda sandelwood 2018 sudah siap, tetapi kami baru mendapat pemberitahuan bahwa pada 4-5 Juli ada pleno di KPU sehingga harus ditunda," katanya.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai tuan rumah, tidak siap karena ada proses politik yang tengah berlangsung di daerah itu.

"Kami memahami keputusan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, karena pada 4-5 Juli, semua masyarakat berkonsentrasi mengikuti tahapan akhir pilkada di daerah itu," katanya menambahkan.

Menurutnya, berdasarkan pantauan di lapangan, Kabupaten Sumba Timur sudah siap melaksanakan parade 1001 Kuda sandelwod pada 12-14 Juli 2018.

Begitupun Kabupaten Sumba Barat juga sudah siap melaksanakan parade tersebut pada tanggal 7-8 Juli 2018.

Lebih lanjut ia mengatakan, Parade Kuda Sandelwood akan digelar mulai 7 - 14 Juli di tiga Kabupaten di Pulau Sumba.

Parade kuda dimulai di Kabupaten Sumba Barat Daya pada 7-8 Juli, kemudian di Sumba Barat pada 9-10 Juli. Selanjutnya di Kabupaten Sumba Tengah pada tanggal 11-12 Juli dan berakhir di Kabupaten Sumba Timur pada tanggal 13 - 14 Juli.
 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018