Moskow (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola Kolombia menahan Inggris 1-1 di babak kedua 16 besar Piala Dunia 2018 yang dihelat di Spartak Stadium, Moskow, Selasa malam (3/7) waktu setempat atau Rabu malam WIB.

Gol di penghujung babak kedua, oleh Yerry Mina, menahan sementara pesta kemenangan di depan mata Inggris yang lebih dulu unggul 1-0 lewat tendangan penalti Harry Kane.

Kedua tim yang sama-sama mengincar kemenangan, mengeluarkan skuat terbaik yang mereka miliki dalam pertarungan hidup dan mati ini.

Kolombia menurunkan David Ospina, Juan Cuadrado dan Radamel Falcao untuk menyaingi nama-nama tenar dari Negeri Ratu Elizabeth semacam John Stones, Dele Alli dan Hary Kane.

Dengan skuat semacam itu, Kolombia yang menang secara kecepatan dan stamina mampu merepotkan pemain Inggris yang kerap tertinggal saat beradu sprint. Namun permainan kolektif Inggris mampu meredam kekuatan dari Kolombia.

Dalam pertandingan itu, sejak awal babak pertama, kedua kesebelasan memperagakan sepak bola terbuka dalam tempo yang cepat dan tensi tinggi buah dari keinginan untuk memenangkan pertarungan. Hasilnya permainan keras yang memakan korban gelandang Kolombia Wilmar Barrios yang diganjar kartu kuning usai menanduk Jordan Henderson pada menit ke-40.

Memasuki babak kedua, tensi permainan semakin tinggi dan cenderung keras dengan beberapa kali insiden terjadi yang berbuah kartu kuning bagi kedua tim.

Sial bagi Kolombia, permainan keras mereka berbuah hadiah penalti bagi Inggris, usai Carlos Sanchez dianggap melakukan dorongan pada Harry Kane di kotak 12 pas pada menit ke-54.

Sanchez diganjar kartu kuning yang berbuah protes dari para punggawa Kolombia. Protes tersebut, mengundang insiden selanjutnya yang berbuah kartu kuning bagi Jordan Henderson karena perbuatan tak sportifnya pada pemain Kolombia.

Meski dengan protes dan insiden yang terjadi, penalti tetap diberikan bagi Inggris. Harry Kane yang menjadi eksekutor, berhasil menambah pundi golnya di Piala Dunia 2018 ini dengan menyarangkan bola pada menit ke-57 dan merubah kedudukan 1-0 bagi Inggris.

Kemenangan di depan mata Inggris, seketika sirna setelah umpan matang tendangan pojok yang dilesakan Juan Cuadrado mampu disambut Yerry Mina dengan sundulan terarah pada gawang Inggris di menit ke-93 yang merubah kedudukan 1-1 bagi kedua tim.

Skor 1-1 tetap bertahan hingga peluit tanda berakhirnya babak kedua dibunyikan oleh wasit asal Amerika Serikat Mark Geiger.

Skuat kedua tim:
Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Jesse Lingard, Jordan Henderson, Dele Alli (81' Eric Dier), Ashley Young, Raheem Sterling (88' Jamie Vardy), Harry Kane
Pelatih: Gareth Southgate

Kolombia: David Ospina, Santiago Arias, Yerry Mina, Davinson Sanchez, Johan Mojica, Carlos Sanchez (79' Mateus Uribe), Wilmar Barrios, Jefferson Lerma (61' Carlos Bacca), Juan Cuadrado, Juan Quintero (88' Luis Muriel), Radamel Falcao
Pelatih: Jose Pekerman

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018