Hanoi (ANTARA News) - Banjir bandang yang dipicu oleh Topan Son Tinh menewaskan dua orang dan menyebabkan dua lainnya hilang di provinsi tengah Thanh Hoa di Vietnam pada Jumat pagi, kata pihak berwenang provinsi.

Keempatnya berasal dari keluarga yang sama di distrik Lang Chanh. Jenazah seorang wanita berusia 75 tahun dan seorang pria berusia 40 tahun telah ditemukan, dan dua lainnya, termasuk seorang wanita berusia 28 tahun dan seorang gadis empat tahun masih hilang, pihak berwenang mengatakan pada hari Jumat.

Selain rumah korban, dua rumah lainnya juga tersapu oleh banjir.

Selama dua hari terakhir, Topan Son Tinh, yang dengan cepat melemah menjadi depresi tropis, telah membawa hujan deras dan tingginya tingkat air di sungai dan danau waduk ke daerah-daerah pusat dan utara Vietnam, terutama Thanh Hoa dan provinsi tetangganya, Nghe An.

Di Nghe An, topan dan depresi tropis berikutnya telah membanjiri sekitar 21.000 hektar padi dan tanaman lainnya serta lebih dari 922 hektar tambak, merusak 15,8 kilo meter jalan, dan merobohkan 31 tiang listrik, kata pejabat provinsi.

Menurut Pusat Nasional Vietnam untuk Peramalan Hidro-meteorologi, hujan lebat dapat berlangsung selama berhari-hari di provinsi utara dan tengah, dan lebih banyak banjir bandang dan tanah longsor kemungkinan akan menghantam Thanh Hoa dan Nghe An.

Pada paruh pertama tahun ini, bencana alam, terutama banjir dan tanah longsor, menewaskan atau meninggalkan hilang 33 orang dan melukai 47 lainnya, menghancurkan atau merusak 15.000 rumah, dan merusak hampir 11.000 hektar padi dan tanaman lain di Vietnam, menyebabkan kerugian properti lebih dari 808 miliar dong Vietnam (35,6 juta dolar AS), menurut Kantor Statistik Umum. Demikian dilansir Kantor Berita Xinhua.
Baca juga: Topan Maria mendarat di Fujian China


 

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018