Dumai, Riau (ANTARA News) - Pemerintah Kota Dumai melaksanakan prosesi adat Melayu tepuk tepung tawar diikuti 184 calon haji, sekaligus kegiatan pelepasan jelang diberangkatkan pada 27 Juli 2018 melalui terminal feri Dumai.

Kegiatan pelepasan jamaah calon haji dipimpin Wali Kota Dumai Zulkifli AS di gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung ini sekaligus penyerahan koper dari Kementerian Agama.

Ia meminta jemaah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan menjaga kesehatan karena haji adalah ibadah berat dan butuh kondisi fisik sehat.

"Juga tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan selama di tanah suci dan doakan juga kemajuan dumai dan masyarakatnya makmur sejahtera," kata wali kota, Senin.


Baca juga: Jamaah haji Dumai akan diangkut kapal ke Embarkasi Batam
Baca juga: Sekda Dumai batal haji karena dicekal KPK
Baca juga: Hari pertama, 177 orang lunasi ongkos haji di Dumai



Jamaah Dumai tergabung dalam Kloter 09 Embarkasi Batam ini diminta mampu memahami dan menguasai seluruh syarat rukun dan tata cara haji, sehingga bisa beribadah dengan sempurna dan tidak ada kendala.

Calon tamu Allah SWT harus memasang niat untuk menunaikan rukun Islam kelima ini dengan tulus dan ikhlas serta fokus beribadah, agar mampu jadi haji mandiri dan mabrur, katanya.

"Jamaah akan didampingi petugas haji dan tim medis, semoga perjalanan dan ibadah nantinya lancar dan tidak ada kendala, serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat," sebut kepala daerah.

Kementerian Agama Dumai menyatakan, jamaah calon haji sudah menjalani serangkaian persiapan jelang berangkat ke tanah suci, mulai paspor, pelunasan ongkos haji, pemeriksaan kesehatan hingga manasik haji.

Setelah pelepasan secara adat Melayu, jamaah mulai dibagikan koper dan dikumpulkan kembali di asrama haji Jalan Pattimura Dumai pada 26 Juli, dengan barang bawaan maksimal 32 kilogram.

Sesuai jadwal, pada 27 Juli mendatang, jamaah calon haji Dumai menuju Asrama Haji Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau melalui Terminal Feri Pelindo Dumai.

Keberangkatan ke Batam diantar Wali Kota Dumai Zulkifli As. Jamaah calon haji beristirahat semalam di asrama haji itu, kemudian bertolak ke Madinah melalui Bandara Hang Nadim Batam pada 28 Juli 2018.

"Dua petugas siap mendampingi dan melayani jamaah Dumai yang digabung dengan peserta dari Kabupaten Rokan Hulu dan Kuantan Singingi dalam kelompok terbang 9 Embarkasi Batam," kata Kasi Haji Kementerian Agama Dumai Zakaria.

Calon haji Dumai akan menginap di pemondokan berjarak 400 meter dari Masjid Nabawi Madinah, sedangkan di Mekkah ditempatkan di Mahbas Jin atau tiga kilometer dari Masjidilharam.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018